Sabtu 27 Juni 2020, 11:32 WIB

Gubernur NTT Minta Seluruh Bupati Sisihkan Anggaran Untuk Riset

Ignas Kunda | Nusantara
Gubernur NTT Minta Seluruh Bupati Sisihkan Anggaran Untuk Riset

MI/Ignas Kunda
Gubernur NTT Viktor Laiskodat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Nagekeo, NTT, Sabtu (27/6/2020).

 

GUBERNUR Nusa Tenggara Timur, Viktor Laiskodat meminta seluruh bupati di wilayah NTT untuk menyiapkan anggaran penelitian di berbagai bidang, demi meningkatkan kualitas produksi lokal. Gubernur mengungkapkan itu saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Nagekeo, Sabtu (27/6). Ia mencontohkn negara-negara maju didukung dengan penelitian yang berkembang sehingga menopang perekonomian daerah. 

Viktor merencanakan akan membangun sebuah laboratorium hebat  pada tahun 2022 demi menunjang segala potensi daerah seperti peternakan, pertanian, tumbuh-tumbuhan, agar menghasilkan kualitas produk tinggi demi kesejahteraan masyarakat NTT.

"Bupati siapkan anggaran,kita bangun laboratorium hebat di 2022. Kita teliti semua. Kita punya pohon, sapi biar jadi kualitas baik," kata Viktor di hadapan Bupati Nagekeo, Yohanes Don Bosco Do dan masyarakat di area persawahan Mbay.

Viktor mencontohkan Australia telah mengkonsumsi daging sapi berkualitas baik sejak lama dan diekspor. Sedangkan di NTT kualitas daging sapi masih rendah. Ia berharap dengan adanya sapi yang sehat dan berkualitas akan meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Sudah orangnya stunting, sapinya juga ikut stunting. Pertanian peternakan kita kurang penelitian Orang Australia sudah makan daging sapi enak sejak lama,  kita masih makan yang keras, karena kita kurang dalam penelitian," imbuhnya.

Bagi Viktor, NTT sangat ketinggalan akibat kurangnya penelitian. Ia mendorong para pemimpin daerah serta orang tua agar mengarahkan anaknya untuk lebih tertarik pada penelitian sehingga melanjutkan pendidikan sebagai peneliti dalam berbagai bidang demi memajukan NTT yamg cerdas, bermartabat dan sejahtera.

baca juga: RS di Jawa Tengah masih Aman Tampung Pasien Covid-19

"Tidak ada yg baru di bawah matahari. Dunia maju kalau ada penelitian. Negara maju penelitian ke planet Mars. Orang yang mengerti penelitian adalah mengerti kuasa ilahi," pungkasnya.

Dalam kunjungan tersebut gubernur juga melihat lokasi padat karya di area persawahan km 1 tengah senilai Rp7,8 miliar yang digelontorkan untuk menghadapi tanggap darurat covid-19. (OL-3)

Baca Juga

ANTARA/IRWANSYAH PUTRA

PBM Tatap Muka, Pidie Sosialisasi Protokol Kesehatan Sekolah

👤Amiruddin Abdulla Reubee 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 07:40 WIB
Karena sekolah akan diselenggarakan secara tatap muka, Dinas Pendidikan Kab. Pidie minta sekolah sosialisasikan protokol...
MI/Apul Iskandar

Sembuh, 5 Pasien Covid-19 di RSUD Simalungun Dipulangkan

👤Apul Iskandar 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 07:26 WIB
Kelima pasien positif covid-19 yang dipulangkan itu dinyatakan sembuh usai menjalani 2 kali pemeriksaan swab dengan hasil...
MI/Rudi Agung

Soal Penyertaan Modal PDAM, Balikpapan Dinilai Langgar Perda

👤Rudi Agung 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 06:52 WIB
"Sebagaimana disebut di ayat 1 huruf A, kalau melihat isi ayat tersebut Pemerintah Daerah seharusnya penyertaan modal Rp4,6 miliar...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya