Sabtu 27 Juni 2020, 06:15 WIB

Menyelamatkan 300 Anggrek Langka dari Karhutla

(SL/N-1) | Nusantara
Menyelamatkan 300 Anggrek Langka dari Karhutla

ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan/
Ilustrasi BUDI DAYA ANGGREK JAMBI

 

MASYARAKAT desa di Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi, berhasil menyelamatkan ratusan jenis tanaman anggrek alam dari kawasan hutan Pematang Damar yang terbakar hebat pada 2015. Kini, anggrek-anggrek tersebut berhasil dibudidayakan dan menjadi salah satu objek wisata edukatif.

Mereka yang berjuang menyelamatkan sekitar 300 jenis anggrek di antara pepohonan yang hangus di hutan gambut Pematang Damar itu merupakan warga Desa Jambi Tulo, Kecamatan Marosebo. Bersama komunitas pencinta anggrek dan lingkugan hidup, mereka kemudian pada 2017 membudidayakannya di lahan seluas 3,5 hektare di pinggiran Desa Jambi Tulo yang kemudian disebut Rumah Bayang Komunitas Jambi Bersakat.

"Ratusan jenis anggrek alam berhasil kami budidayakan dan hidup subur di rumah penangkaran. Salah satunya adalah anggrek macan yang mulai langka. Anggrek itu ditemukan di tengah seringnya hutan terbakar," kata Ketua Komunitas Budi Daya Anggrek Alam Jambi Bersakat, Adi Ismanto, kemarin.

Pada Kamis (25/6), Gubernur Jambi Fachrori Umar juga sempat mengunjungi rumah penangkaran anggrek langka yang berada di Taman Sakat Lebung Panjang tersebut. Ia mengapresiasi kepedulian dan kreativitas komunitas tersebut yang menyelamatkan bagian dari keanekaragaman hayati di hutan alam Jambi.

"Ini potret kepedulian bersama. Harus kita dukung dan bina kelanjutannya. Budi daya anggrek langka ini dapat menopang pariwisata Jambi untuk kelompok ekowisata dan eduwisata," ujar Gubernur.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Jambi Sri Purnama Syam menambahkan pengelolaan Taman Sakat Lebung Panjang dapat dikelola sebagai objek wisata untuk meningkatan perekonomian masyarakat setempat. "Apalagi lokasinya relatif dekat dengan objek wisata Situs Percandian Muaro Jambi yang merupakan salah satu branding wisata budaya dan religi di Provinsi Jambi," ujarnya. (SL/N-1)

Baca Juga

haryanto mega

Limbah masih Mengalir di Bengawan Solo

👤(HT/N-2) 🕔Jumat 10 Juli 2020, 06:00 WIB
SUDAH enam bulan peringatan dilontarkan Ganjar Pranowo. Ia minta semua perusahaan di sepanjang bantaran Sungai Bengawan Solo memperbaiki...
Dok. Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR)

Pembangunan Infrastruktur Terus Berjalan di Tengah Pandemi

👤(DY/MY/AT/N-2) 🕔Jumat 10 Juli 2020, 05:50 WIB
DENGAN datang mendadak, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono membuat para pekerja proyek pembangunan Jembatan Sei...
Denny S Ainan/Denny Susanto

Dompet Kemanusiaan Dukung Kalsel

👤(DY/N-2) 🕔Jumat 10 Juli 2020, 05:40 WIB
DOMPET Kemanusiaan Media Group terus bergerak mengalirkan donasi dari masyarakat. Di Kalimantan Selatan, sejumlah rumah sakit rujukan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya