Sabtu 27 Juni 2020, 06:10 WIB

Keamanan Wisatawan Diutamakan

LILIK DARMAWAN | Nusantara
Keamanan Wisatawan Diutamakan

LILIK DARMAWAN
WISATA VIRTUAL-Kabut terlihat turun di Kawasan Hutan Pinus Limpakuwus

 

SEJUMLAH objek wisata yang mulai dibuka kembali dengan dimulainya kenormalan baru di berbagai daerah diminati masyarakat. Namun, pengelola tetap membatasi jumlah pengunjung sekaligus menerapkan protokol kesehatan lainnya secara ketat untuk mencegah penularan covid-19.

Di Jawa Tengah (Jateng), sejumlah objek wisata yang telah dibuka kembali untuk umum antara lain berada di Kabupaten Banyumas, Semarang, Rembang, Demak, Batang, dan Pekalongan. Di Banyumas, baru dua objek wisata yang diizinkan dibuka, yakni arena offroad di Baturraden dan hutan pinus Limpakuwus di Sumbang.

Hutan pinus Limpakuwus dibuka sejak akhir pekan lalu dengan jumlah pengunjung yang diizin kan masuk sebanyak 300 orang per hari. Padahal, sebelum pandemi covid-19, hutan seluas 10 hektare milik PT Perhutani tersebut setiap akhir pekan dikunjungi sekitar 3.000 wisatawan per hari.

"Dengan jumlah tersebut, kami pastikan tidak akan terjadi kerumunan karena luas hutan pinus Limpakuwus mencapai 10 hektare," kata Junior Manajer Bisnis Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan Banyumas Timur Sugito, kemarin.

Dalam penerapan protokol kesehatan, selain jumlah pengunjung dibatasi, protokol kesehatan juga diterapkan secara ketat, yakni dilakukan pemeriksaan suhu tubuh, wajib mengenakan masker, dan mencuci tangan sebelum memasuki kawasan wisata. Hal serupa juga dilakukan di kawasan wisata lainnya.

Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono mengatakan, sebelum kedua objek wisata dibuka, pihaknya telah mengecek kesiapan protokol kesehatan yang dilakukan pengelola. Bahkan, pengelola juga terlebih dahulu melaksanakan simulasi pelayanan.

"Pada prinsipnya, protokol kesehatan harus ditaati secara disiplin," tegasnya. Pariwisata di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga sudah diizinkan aktif kembali. Gubernur Erzaldi Rosman Djohan mempersilakan pengelola kawasan wisata, hotel, dan restoran untuk kembali membuka usaha masing-masing dengan menerapkan protokol kesehatan.

Banyuwangi bersiap

Demikian halnya dengan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, yang siap menggerakkan wisata alam dan konservasi. Banyuwangi juga merupakan salah satu daerah yang sudah menyiapkan protokol kesehatan untuk wisata alam dan konservasi, hotel, restoran, serta tempat pertunjukan.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo menegaskan, keamanan bagi wisatawan merupakan hal penting dan menjadi kunci keberhasilan dalam menggerakkan kembali sektor pariwisata. Oleh karena itu, ia juga mengapresiasi kesiapan Banyuwangi dalam menyiapkan dan menyosialisasikan protokol keamanan dalam pembukaan kembali pariwisata.

"Saya melihat ada kesungguhan dari tokoh masyarakat, para pejabat, dan masyarakat secara keseluruhan dalam menyiapkan protokol kesehatan menuju masyarakat produktif dan aman covid-19," kata Doni saat mengunjungi Agrowisata Taman Suluh dan Restoran Osing Heritage, kemarin. (AS/RF/UA/N-1)

Baca Juga

MI/Martinus Solo

Lagi, Dua Pasien Positif Covid-19 di Kota Sorong Sembuh

👤Martinus Solo 🕔Minggu 12 Juli 2020, 07:45 WIB
Dengan demikian, total warga Kota Sorong yang dinyatakan sembuh dari covid-19 bertambah menjadi 58 orang. Sehingga persentase...
MI/Agus Utantoro

Jelang Pembukaa, Karyawan GLZoo Jalani Rapid Test

👤Agus Utantoro 🕔Minggu 12 Juli 2020, 07:30 WIB
Selain melakukan rapid test pada karyawan, GLZoo juga menambah fasilitas yang mendukung terpenuhinya protokol kesehatan di era kenormalan...
ANTARA/Mohammad Ayudha

Puluhan Tenaga Medis RSUD Moewardi Solo Reaktif Covid-19

👤Haryanto 🕔Minggu 12 Juli 2020, 03:40 WIB
Selain memperketat tracing kontak, RSUD Moewardi Solo juga mengurangi karyawan non medis sebanyak 50 persen serta mengurangi jumlah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya