Sabtu 27 Juni 2020, 00:03 WIB

Tiga Kawasan Permukiman Kota Tua Amsterdam tidak Lagi Disewakan

Antara | Internasional
Tiga Kawasan Permukiman Kota Tua Amsterdam tidak Lagi Disewakan

AFP PHOTO / ANP / KOEN VAN WEEL
Amsterdam.

 

Otoritas di Kota Amsterdam, Belanda, pada Kamis (25/6) mengumumkan akan melarang penyewaan tempat tinggal untuk wisata, termasuk di antaranya penyewaan dengan menggunakan aplikasi AirBnB, di tiga kawasan Kota Tua mulai 1 Juli.

Di tiga kawasan permukiman lainnya di Amsterdam, ibu kota Belanda, pemilik hunian dapat menyewakan tempat tinggalnya jika mereka telah memiliki izin khusus. Izin itu hanya berlaku tidak lebih dari 30 hari per tahunnya.

Tidak hanya itu, satu hunian hanya boleh diisi oleh maksimal empat orang.

Sejumlah pihak banyak mengeluh bahwa penyewaan hunian untuk wisatawan dengan Airbnb telah mengganggu kehidupan masyarakat di beberapa kota wisata favorit, mulai dari Edinburgh di Skotlandia sampai Barcelona di Spanyol.

Penasihat bidang perumahan Amsterdam, Laurens Ivens, melalui pernyataan tertulisnya mengatakan sekitar 75 persen dari 780 penduduk dan organisasi di kota itu menyetujui larangan tersebut. Otoritas kota mengatakan satu dari 15 rumah di Amsterdam muncul dalam daftar penyewaan yang ada di dunia maya.

Dewan kota Amsterdam telah cukup vokal menyuarakan usulan pengurangan kunjungan wisatawan dan mengurangi gangguan yang diakibatkan oleh turis di pusat kota tua.

Daftar permukiman yang dilarang untuk disewakan lewat Airbnb mencakup salah satu destinasi terpopuler di Belanda, red district, yang berusia 500 tahun.

Wilayah lainnya mencakup sebagian besar daerah dalam kota, mengingat tempat itu merupakan situs kebudayaan dunia sebagaimana ditetapkan Organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan (UNESCO). (OL-12)

Baca Juga

AFP/Adrian DENNIS

ICJ Dukung Doha Terkait Blokade Maskapai Qatar

👤Faustinus Nua 🕔Rabu 15 Juli 2020, 11:09 WIB
Putusan ICJ memungkinkan Qatar menantang blokade wilayah udara yang diberlakukan Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain, dan...
AFP/MARTIN BERNETTI

Polisi Cile Latih Anjing Endus Penderita Covid-19

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 15 Juli 2020, 10:46 WIB
"Virus korona tidak berbau namun infeksinya di tubuh manusia menghasilkan perubahan metabolisme sehingga mengeluarkan bau dalam...
ANTARA FOTO/KJRI Mumbai

Pemerintah Pulangkan Ratusan WNI Gelombang Kedua Dari Tiongkok

👤Antara 🕔Rabu 15 Juli 2020, 10:37 WIB
Dari 270 WNI yang ikut terbang, sebanyak 171 warga berasal dari wilayah Shanghai dan sekitarnya sedangkan 99 WNI lainnya tersebar dari...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya