Jumat 26 Juni 2020, 18:50 WIB

KKP Tangkap Dua Kapal Asing Pencuri Ikan di Laut Natuna

Muhamad Fauzi | Nusantara
KKP Tangkap Dua Kapal Asing Pencuri Ikan di Laut Natuna

Istimewa
Sebanyak 20 ABK kapal ikan Vietnam yang ditangkap mencuri ikan di WPP Indonesia disemprot disinfektan dan di rapid test Covid-19.

 

PATROLI Kapal Pengawas Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menangkap kapal ikan asing (KIA) berbedera Vietnam di perairan laut Natuna Utara. Mereka ditangkap saat menangkap ikan di wilayah perairan Indonesia.

"Petugas mengamankan 20 anak buah kapal (ABK) yang semuanya berkewarganegaraan Vietnam, serta ikan hasil tangkapan dan alat penangkapan ikan," ungkap Direktur Pemantauan dan Operasi Armada, Ipung Nugroho Saksono, dalam pesan whatsapp yang diterima mediaindonesia.com, Jumat (26/6).

Kapal tersebut, jelas Ipung, ditangkap di perairan wilayah penangkapan perikanan -711 Laut Natuna Utara, Kapal Patroli Orca 03 yang dinakhodai oleh Capt. Muhammad Ma’Ruf berhasil meringkus dua KIA berbendera Vietnam dengan nama KG 95551 TS dan KG 95572 TS, yang diawaki oleh 20 WNA berkewarganegaraan Vietnam pada hari Selasa (10/6).

”Seluruh ABK kapal Vienam setelah kita tangkap, kita lakukan rapid test dan hasilnya non reaktif. Kami hati-hati karena masih pandemi Covid-19, jangan sampai mereka membawa virus mematikan itu," kata Ipung.

Kedua KIA tersebut saat ini sedang dalam proses ad hoc ke Pangkalan PSDKP terdekat dari lokasi masing-masing penangkapan untuk menjalani proses hukum lebih lanjut. Termasuk juga ABK-nya. 

Dugaan sementara, mereka melanggar Pasal 85 jo Pasal 9 ayat (1), Pasal 92 jo Pasal 26 ayat (1), Pasal 93 ayat (2) jo Pasal 27 ayat (2) ndang-undang perikanan. (OL-13)

Baca Juga: Sudah Tidak Ada Kapal Asing di Perairan Natuna

Baca Juga

Istimewa

Pencarian Korban Banjir Bandang Masamba masih Dilanjutkan

👤Lina Herlina 🕔Rabu 15 Juli 2020, 12:09 WIB
Jumlah rumah hanyut dilaporkan sebanyak 10 unit, tertimbun lumpur bercampur pasir yang tingginya antara 1-4 meter 213 unit. Dan jumlah...
MI/Siswantini Suryandari

Pariwisata di Era New Normal Jadi Pemantik Perekonomian di Babel

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Rabu 15 Juli 2020, 11:54 WIB
Provinsi Bangka Belitung menjadi salah satu dari lima daerah pariwisata yang diizinkan dibuka pada masa kenormalan...
MI/Reza Sunarya

Sekolah di Purwakarta Tetap Gelar Belajar Daring

👤Reza Sunarya 🕔Rabu 15 Juli 2020, 11:36 WIB
Belum zona hijau, Dinas Pendidikan Purwakarta untuk mengecek kesiapan sarana dan pra sarana anak-anak agar bisa melaksanakan kegiatan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya