Jumat 26 Juni 2020, 16:13 WIB

Ini Sebab DKI tak Bisa Naikkan Daya Tampung Sekolah Negeri

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Ini Sebab DKI tak Bisa Naikkan Daya Tampung Sekolah Negeri

MI/Fransisco Carolio Hutama Gani
Petugas melayani orangtua calon siswa yang mencari informasi tahapan penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun 2020

 

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta mengakui hingga saat ini daya tampung sekolah negeri masih belum cukup untuk menerima seluruh lulusan sekolah dari jenjang sebelumnya.

Akibatnya, seleksi pun harus diberlakukan salah satunya melalui sistem zonasi yang memperhitungkan jarak dan usia calon peserta didik baru (CPDB).

Pun, menambah daya tampung sekolah negeri dengan menambah jumlah rombongan kelas atau membangun sekolah baru juga bukan soal mudah untuk dilakukan.

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nahdiana menyebut ada sejumlah alasan dibalik sulitnya menambah daya tampung sekolah negeri.

"Banyak persoalan terkait menambah daya tampung. Salah satunya kita tahu sendiri sulit menemukan lahan kosong di DKI yang memenuhi standar untuk mendirikan bangunan sekolah," kata Nahdiana dalam konferensi persnya, Jumat (26/6).

Baca juga: Disdik DKI Sebut tak Diskriminasi CPDB Berusia di atas Rata-rata

Untuk mengatasi ini, pihaknya pun melakukan kolaborasi dengan sekolah swasta. Ia menegaskan Pemprov DKI Jakarta akan berupaya semaksimal mungkin agar kualitas sekolah swasta bisa setara dengan sekolah negeri.

"Memang pendidikan yang setara untuk semua. Kami juga membawahi sekolah-sekolah swasta, artinya swasta membantu keterbatasan kami. Jado pendidikan swasta dan negeri akan setara dalam layanan kualitas pendidikan," jelasnya.

Sementara itu, dari data Dinas Pendidikan DKI Jakarta total daya tampung siswa jenjang SD di Jakarta adalah 178.488 siswa. Dari total tersebut jumlah daya tampung SD negeri adalah 106.432 dan SD swasta adalah 54.176.

Sementara itu, dari 178.488 siswa SD hanya terserap 46,21% atau 70.702 siswa di SMP negeri. Sementara itu, total daya tampung keseluruhan untuk jenjang SMP di Jakarta yakni 158.263.

Dari total itu kemudian terseleksi kembali di jenjang SMA/SMK dan hanya terserap 32,93% atau 47.613 siswa di SMA/SMK negeri.(OL-5)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Berencana Rusuh, Polisi Periksa Delapan Pendemo Depan DPR

👤Yakub Pryatama 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 11:25 WIB
"Delapan orang ini yang ada unsur pidana di situ. Misalnya ada yang bawa bom molotov. Ada yang bawa...
Ilustrasi/Medcom.id/ Mohammad Rizal

Dua Pelaku Pengganjal Atm di Tambora Diringkus Polisi

👤Yakub Pryatama 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 11:10 WIB
Pelaku yang sedang mengantre di belakang korban kemudian berpura-pura ingin membantu korban, lalu mengecoh untuk menukar kartu atm milik...
MI/Moh Irfan

Kegiatan CFD di Jakarta Selatan Ditiadakan

👤Antara 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 09:37 WIB
Hasil evaluasi PSBB transisi di tingkat provinsi masih banyak ditemukan pelanggaran di kawasan khusus seperti membawa balita, masih ada...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya