Jumat 26 Juni 2020, 14:34 WIB

KTT ASEAN Virtual, Jokowi Soroti Tantangan Penanganan Covid-19

Dhika kusuma winata | Internasional
KTT ASEAN Virtual, Jokowi Soroti Tantangan Penanganan Covid-19

SIGID KURNIAWAN / POOL / AFP
Presiden mengikuti KTT ASEAN ke-36 secara daring dari Istana Bogor, Jawa Barat, hari ini.

 

PRESIDEN Joko Widodo menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN ke-36 secara virtual. KTT ASEAN kali ini dipimpin Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc selaku dan dihadiri semua pemimpin negara ASEAN.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan Presiden Jokowi dalam national statement-nya menekankan dua tantangan besar yang perlu diatasi bersama oleh negara-negara ASEAN dalam menghadapi pandemi covid-19. Dua tantangan itu yakni penanganan wabah dan pemulihan dampak sosial-ekonomi.

"Presiden RI dalam statement nasionalnya antara lain mengatakan bahwa dunia termasuk negara-negara di kawasan ASEAN saat ini tengah menghadapi dua tantangan besar yaitu penanganan covid-19 dan dampaknya, yakni sosial ekonominya," ucap Menlu Retno dalam konferensi pers usai mendampingi Jokowi mengikuti KTT ASEAN virtual di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (26/6).

Menlu Retno melanjutkan, Presiden menyampaikan tantangan penanganan wabah dan dampak sosial-ekonomi tersebut akan semakin berat karena situasi global yang sangat dinamis ditandai persaingan atau rivalitas negara atau kekuatan besar yang semakin meningkat.

Baca juga: Lawan Covid-19, Eijkman Siapkan Vaksin Merah Putih

Retno menambahkan tantangan berat tersebut juga diperburuk tumbuhnya pesimisme terhadap multilateralisme semakin besar dan rule-based order yang semakin banyak dilanggar dengan perubahan kondisi geopolitik saat ini.

"Presiden menekankan pentingnya peran ASEAN dalam menavigasi perubahan ini," imbuh Retno.

Meski menghadapi tantangan berat, lanjut Retno, Presiden Jokowi menyerukan optimisme kepada negara-negara ASEAN agar secara bersama-sama bisa melewati masa sulit pandemi covid-19 ini. Fondasi ASEAN yang telah berdiri puluhan tahun diyakini kuat untuk menghadapi guncangan akibat pandemi.

"Lebih dari lima dekade ASEAN telah memiliki fondasi kuat sebagai komunitas dalam menghadapi perubahan selama ini dan menghadapi situasi tersebut. Presiden menekankan dengan fondasi yang kuat yang sudah dibangun lebih dari lima dekade ini diyakini ASEAN mampu melewati masa sulit ke depan," ujar Retno.

Turut mendampingi Presiden dalam KTT ke-36 ASEAN yakni Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko PMK Muhadjir Effendy dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.(OL-4)

Baca Juga

Ilustrasi

Departemen Pemilu Singapura dalami Dugaan Kecurangan

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Jumat 10 Juli 2020, 21:00 WIB
Departemen Pemilihan Umum (ELD) Singapura mengungkapkan, mengetahui adanya unggahan daring oleh seorang pemilih yang menyebutkan ada...
AFP/Ozan Koze

UNESCO Imbau Turki tak Ubah Museum Hagia Sophia jadi Masjid

👤Insi Nantika jelita 🕔Jumat 10 Juli 2020, 20:44 WIB
Hagia Sophia awalnya merupakan katedral kemudian menjadi masjid setelah penaklukan Istanbul. Lalu dicantumkan sebagai situs Warisan Dunia...
AFP

Kasus Covid-19 Melonjak, Hong Kong Kembali Tutup Sekolah

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Jumat 10 Juli 2020, 18:26 WIB
Terdapat 34 kasus baru covid-19 dengan transmisi lokal pada Kamis (10/7) waktu setempat. Mulai Senin depan, seluruh sekolah di Hong Kong...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya