Jumat 26 Juni 2020, 14:02 WIB

Bangun Peradaban Bangsa, KKSS Gelar Pertemuan Cendekiawan

mediaindonesia.com | Humaniora
Bangun Peradaban Bangsa, KKSS Gelar Pertemuan Cendekiawan

DOK KKSS

 

Badan Pengurus Pusat Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (BPP KKSS) menggelar pertemuan tahunan cendekiawan asal Sulawesi Selatan. Perhelatan dengan tajuk 'Pertemuan Cendekiawan KKSS 2020' ini rencananya mengundang HM Jusuf Kalla sebagai pembicara kunci (keynote speaker).

“Program ini berkaca pada success story dari program Pertemuan Saudagar Bugis-Makassar (PSBM) yang digelar setiap tahun,” kata Ketua Umum BPP KKSS 2019-2024 Muchlis Patahna, di Jakarta, Kamis (25/6).

Menurut Muchlis, pertemuan ini digelar setidaknya dengan 3 tujuan. Pertama, sebagai wadah berkumpul, temu-kangen, bersilaturahim, dan bersinergi antara para cendekiawan asal Sulawesi Selatan secara nasional dan internasional.

“Kemudian juga sebagai forum khusus para cendekiawan untuk mempresentasikan pemikiran dan karya-karya aplikatifnya untuk dijadikan rekomendasi membangun dan menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” katanya.

Tak kalah penting, sebagai forum yang menyebarkan spirit dan motivasi kepada generasi milenial terpelajar asal Sulawesi Selatan agar tersedia sumber daya manusia yang kompeten menghadapi persaingan global.

Pertemuan digelar selama dua hari, yakni Sabtu-Minggu, 27-28 Juni 2020. Sejumlah tokoh nasional Bugis-Makassar dari berbagai bidang profesi hadir dalam pertemuan ini. Di antaranya, Gubernur Sulawesi Selatan M Nurdin Abdullah yang akan memberikan sambutan. Kemudian juga Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo.

Pertemuan dengan tema 'Aktualisasi Peran Cendekiawan Bugis-Makassar Dalam Membangun Peradaban Bangsa' ini mengundang target peserta 1.000 partisipan. Terdiri dari Pengurus KKSS beserta Pilar dan Badan Otonom, anggota KKSS yang duduk sebagai birokrat, pimpinan perguruan tinggi khususnya di Sulsel, dan warga KKSS serta masyarakat umum. (OL-10)

Baca Juga

MI/Ramdani

45 Ribu WNI Repatriasi Dipulangkan Usai Negatif Korona

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 13 Juli 2020, 21:57 WIB
Puluhan ribu WNI repatriasi telah dipulangkan pemerintah ke tempat asalnya masing-masing. Mereka dinyatakan negatif covid-19 setelah...
Ilustrasi

Menaker Ingatkan Pentingnya Perlindungan PRT

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Senin 13 Juli 2020, 21:51 WIB
Perlindungan bagi Pekerja Rumah Tangga (PRT), khususnya PRT perempuan menjadi perhatian karena PRT telah memberi kontribusi yang tidak...
MI/Fransisco Carolio Hutama Gani

Begini Cara Cegah Tertular Covid-19 Jika Harus Naik Angkutan Umum

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 13 Juli 2020, 21:28 WIB
Pelindung wajah atau face shield yang selama ini dipakai dianggap Dicky tidak akan efektif karena hanya akan menangkal droplet, tetapi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya