Jumat 26 Juni 2020, 10:37 WIB

Indeks Desa Membangun di Kalsel Meningkat

Denny Susanto | Nusantara
Indeks Desa Membangun di Kalsel Meningkat

ANTARA FOTO/Bayu Pratama S
Pedagang pasar terapung mengikuti Festival Pesona Pasar Terapung Lok Baintan 2019 di desa Lok Baintan, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan

 

INDEKS Desa Membangun (IDM) di Provinsi Kalimantan Selatan terus mengalami peningkatan.Peningkatan IDM di Kalsel ini ditandai dengan menurunnya jumlah desa tertinggal dan desa sangat tertinggal, yang berubah status menjadi desa berkembang maupun desa maju. Penurunan desa tertinggal juga berkolerasi dengan menurunnya angka kemiskinan di Kalsel yang kini menempati posisi ketiga angka kemiskinan terkecil di Indonesia di bawah DKI Jakarta dan Bali.         

"Jumlah desa tertinggal dan desa sangat tertinggal berkurang berubah menjadi desa berkembang dan desa maju. Bahkan desa berstatus desa mandiri juga bertambah," tutur Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalsel, Zulkifli, Jumat (26/6). 

Ada program pembangunan yang menitikberatkan pada pembangunan wilayah perdesaan serta program dana desa ikut mempengaruhi semakin membaiknya IDM di Kalsel.  Berdasarkan data IDM 2020 yang dirilis Kementerian Desa menyebutkan terjadi peningkatan IDM di Provinsi Kalsel. Desa mandiri di Kalsel bertambah dari empat desa menjadi enam desa. Desa maju naik dari 125 desa menjadi 169 desa serta desa berkembang bertambah dari 1.297 desa menjadi 1.350 desa.

Peningkatan status desa ini membuat jumlah desa tertinggal dan sangat tertinggal menjadi berkurang. Kementerian Desa mencatat jumlah desa tertinggal di Kalsel pada 2020 ada 216 desa dibandingkan 409 desa pada 2019. Sedangkan desa sangat tertinggal juga berkurang dari 28 desa tersisa 12 desa.

"Kita tahu saat ini sebagian desa tidak ada lagi orang miskin," ujarnya.

baca juga: Pariwisata di Jateng Akan Dibuka Awal Juli

Kepala Seksi Pengembangan Kapasitas Masyarakat pada Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Lembaga Kemansyarakatan, Eko Suhermanto mengatakan pada 2017, jumlah desa mandiri di Kalsel hanya satu yakni di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) dan desa maju hanya 16 desa tersebar di lima kabupaten dari 11 kabupaten yang ada di Kalsel.

Pada 2017 jumlah desa tertinggal sebanyak 1.184 desa dan desa sangat tertinggal di Kalsel 254 desa. Sehingga dalam kurun waktu tiga tahun terakhir terjadi perkembangan dan kemajuan desa yang sangat signifikan. (OL-3)


 

Baca Juga

DOK Humas Pemprov Kaltim

Wagub Kalimantan Timur Positif Covid-19

👤Rudi Agung 🕔Kamis 16 Juli 2020, 08:17 WIB
Wagub Kaltim terinfeksi covid-19 setelah melakukan pengecekan kesehatan rutin. Saat itu Wagub juga akan menemani istrinya yang menjalani...
ANTARA FOTO/Moullies

Akses Jalan Trans Sulawesi Belum Bisa Dilintasi

👤Lina Herlina 🕔Kamis 16 Juli 2020, 07:34 WIB
Tim SAR gabungamberhasil menyelamatkan 1.500 warga dari enam kecamatan yang terdampak banjir, yaitu Kecamatan Masamba, Sabbang, Baebunta,...
Istimewa

Pengamat: RUU Cipta Kerja Menguntungkan Pekerja

👤Denny Susanto 🕔Kamis 16 Juli 2020, 07:27 WIB
Pengamat ekonomi Prof Muhammad Handry Imansyah mengatakan RUU Cipta Kerja bukan hanya untungkan pengusaha, tapi buruh dan seluruh...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya