Jumat 26 Juni 2020, 10:07 WIB

Dibuka Menguat, IHSG Berpotensi Rebound di Akhir Pekan

Hilda Julaika | Ekonomi
Dibuka Menguat, IHSG Berpotensi Rebound di Akhir Pekan

ANTARA
PAGI ini, Jumat (26/6), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akhirnya berhasil dibuka menguat. Sebanyak 0,52% atau 25 poin menuju 4.922 poin.

 

PAGI ini, Jumat (26/6), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akhirnya berhasil dibuka menguat. Sebanyak 0,52% atau 25 poin menuju 4.922 poin pada pukul 09.15 pagi ini.

Penguatan saham pagi ini dengan frekuensi transaksi 72,32 dan volume transaksi 692 miliar Adapun total saham yang diperdagangkan sebesar Rp5,715 triliun. Adapun sejumah 202 saham naik, 83 saham turun, dan 116 saham diam di tempat (stagnan).

Hal yang sama menimpa kumpulan 45 saham unggulan (LQ45) yang berada di zona hijau. Dengan penguatan sebesar 0,77% atau menuju 765 poin.

Sejumlah pengamat pun memprediksi bursa akan rebound di akhir pekan ini. Menurut Analis Reliance Sekuritas Indonesia, Lanjar Nafi menilai pergerakan IHSG Secara sentimen IHSG berpotensi rebound di akhir pekan.

“Berdasarkan sentimen IHSG berpotensi mengalami rebound hari ini,” ujar Lanjar melalui keterangan resminya, Jumat pagi (26/6).

Lebih lanjut Lanjar menguraikan, Secara teknikal pergerakan IHSG memang melemah namum masih berada pada trend positif jangka menengah. IHSG mencoba bertahan pada moving average 5 dan 20 hari.

“Indikator stochastic dan RSI terkonsolidasi pada area tengah oscillator sehingga kami perkirakan IHSG masih akan bergerak moderate cenderung mencoba tutup di zona hijau dengan support resistance 4830-4965,” analisisnya.

Baca juga: Wall Street Ditutup Menguat Didukung Reli Saham Perbankan

Lanjar pun memberikan rekomendasi sejumlah saham yang bisa dijadikan referensi untuk dibeli dan dicermati teknikalnya. Di antaranya, BRPT, BBNI, BMRI, PTBA, ANTM, SMRA, BSDE, ISAT, EXCL.

Hal yang sama pun disampaikan Analis Binaartha Sekuritas M. Nafan Aji Gusta Utama mengatakan IHSG berpeluang mengalami penguatan hari ini. Hal ini dilihat dari n indikator, MACD telah membentuk pola dead cross di area positif. Sementara itu, Stochastic dan RSI berada di area netral. Namun demikian, terlihat pola bullish inside bar candlestick pattern yang mengindikasikan adanya potensi penguatan pada pergerakan IHSG.

“Kami mengindikasikan adanya potensi penguatan pada pergerakan IHSG sehingga berpeluang menuju ke resistance terdekat,” pungkasnya. (A-2)

Baca Juga

Antara

Food Estate Tak Efektif Tingkatkan Produktivitas Pertanian

👤Suryani Wandari Putri Pertiwi 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 08:30 WIB
Rencana pemerintah untuk membangunan food estate itu tidak efektif untuk meningkatkan produktifitas pertanian di...
MI/Supardji Rasban

Pemerintah Perlu Bangun Rantai Pasok di Kawasan Industri

👤Hilda Julaika 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 07:35 WIB
Pemerintah disarankan membangun rantai pasok pada kawasan industri, antara industri kecil menengah (IKM) dan industri besar dan sedang...
DOK BNI SYARIAH

Bhakti BNI Syariah Lindungi Pesantren dari Covid-19

👤Dro/S1-25 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 04:57 WIB
BNI Syariah berkomitmen untuk menjalankan hasanah way, yakni terus menerus berupaya untuk memberikan kebermanfaatan dan kebaikan (hasanah)...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya