Jumat 26 Juni 2020, 06:20 WIB

Tangani Pandemi, Rapid Test Berlanjut

(DW/RS/AS/AT/RF/ BB/N-1) | Nusantara
Tangani Pandemi, Rapid Test Berlanjut

MI/Dwi Apriani
Pemkot Palembang Matangkan Kesiapan New Normal, Fitrianti Agustinda, Wakil Walikota Palembang.

 

SEJUMLAH daerah terus melakukan rapid test dan tes swab massal guna mempercepat penanganan pendemi virus korona baru. Diharapkan mereka yang terpapar virus dapat lebih cepat ditangani sehingga daerah bisa segera melaksanakan tatanan kenormalan baru.

Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, Sumatra Sealatan, dipastikan segera melakukan rapid test massal untuk seluruh pedagang pasar tradisional dalam waktu dekat. Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda, mengatakan, rapid test terhadap pedagang pasar dilakukan karena penyebaran covid-19 di pasar sulit dikendalikan.

Salah satu penyebabnya, ujar Fitri, kesadaran melaksanakan protokol kesehatan di pasar tradisional rendah. Hal itu berbeda dengan di tempat-tempat keramaian lain, seperti di pusat perbelanjaan modern atau mal dan kantor-kantor pelayanan publik. "Penyebaran covid-19 yang belum bisa dikontrol itu masih di pasar tradisional. Kalau di tempat keramaian lain lebih ketat karena mereka betul-betul menyediakan fasilitas untuk melaksanakan protokol kesehatan," katanya, kemarin.

Rapid test juga dilakukan Pemkot Denpasar, Bali, dan Pemkot Semarang, Jawa Tengah. Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Daerah Istimewa Yogyakarta memilih lebih masif melaksanakan tes polymerase chain reaction (PCR).

Selain pemerintah daerah, kepolisian juga turut berupaya memutus rantai penyebaran virus dengan menggelar rapid test massal. Hal itu antara lain dilakukan Polda Bangka Belitung (Babel) yang melakukan rapid test terharap 300 warga Pangkalpinang, sedangkan Polres Cianjur, Jawa Barat, melakukan rapid test untuk 2.000 orang. (DW/RS/AS/AT/RF/BB/N-1)

Baca Juga

MI/Martinus Solo

Seluruh Pasien Covid-19 Sembuh, Raja Ampat Siap Sambut New Normal

👤Martinus Solo 🕔Kamis 16 Juli 2020, 08:42 WIB
Penyesuaian masa baru itu pun diperlukan dengan adanya regulasi, supaya tidak terjadi lagi gelombang kedua di Kabupaten Raja Ampat dan...
ANTARA FOTO/ Akbar Tado

Penyaluran Benih Jagung dan Padi di Sikka Dipercepat

👤Gabriel Langga 🕔Kamis 16 Juli 2020, 08:28 WIB
Penyaluran bantuan benih jagung dan padi di Kabupaten Sikka lebih awal sebelum muysim tanam tiba karena seringkali terjadi keterlambatan...
DOK Humas Pemprov Kaltim

Wagub Kalimantan Timur Positif Covid-19

👤Rudi Agung 🕔Kamis 16 Juli 2020, 08:17 WIB
Wagub Kaltim terinfeksi covid-19 setelah melakukan pengecekan kesehatan rutin. Saat itu Wagub juga akan menemani istrinya yang menjalani...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya