Kamis 25 Juni 2020, 18:22 WIB

UMBY Lakukan Panen Perdana Kedelai Edamame

mediaindonesia.com | Ekonomi
UMBY Lakukan Panen Perdana Kedelai Edamame

Ist/UMBY
Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) melaksanakan panen perdana kedelai edamame.

 

FOTO : Rektor Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) Dr Alimatus Sahrah, Msi, MM, (tengah) melakukan panen perdana edamame bersama camat Sedayu Sarjiman, SIP, M,E dan utusan dari keraton Yogyakarta.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

KONDISI saat ini masyarakat Indonesia dan dunia menghadapi pandemi Covid-19. Tak hanya itu, Indonesia masih menghadapi persoalan stunting yang prihatin.

Dengan adanya masalah stunting, asupan nutrisi khususnya protein menjadi penting karena digunakan oleh tubuh sebagai bahan untuk pembentukan dan pemeliharaan otot, tulang, darah, dan organ tubuh lainnya, memberikan keseimbangan metabolisme dan lebih jauh menjaga daya tahan tubuh.

Nutrisi protein tercukupi dengan protein hewani dan nabati, salah satu sumber protein nabati adalah kedelai edamame.

Untuk itulah Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) bekerja sama PT Kebunku Agromotion Indonesia berkolaborasi dalam pembudidayaan dengan penerapan teknologi hingga pengolahan sebagai asupan alternatif untuk mengatasi masalah stunting sekaligus mempertebal imun dalam mencegah Covid -19.

Pada Selasa (22/6) di areal sawah samping kampus 1 UMBY, diadakan acara panen perdana  budidaya kedelai Edamame. Hadir dalam panen perdana tesrebut, utusan dari Keraton Ngayogyakarta mewakili Gusti kajeng Ratu Mangkubumi, RM Adwin Suryo Satrianto.

Pada kesempatan yang sama, RM Adwin Suryo Satrianto turut memberikan sambutan sekaligus secara simbolis menancapkan bibit di lahan  taman dan memanen Edamame di lokasi tanaman yang siap dipanen.

Pada sambutannya saat melaksanakan panen perdana budidaya edamame, Rektor UMBY, Dr Alimatus Sahrah, M.Si, MM menyampaikan rasa syukurnya atas kerja sama UMBY dengan Kebunku Agromotion Indonesia.

"Ini  sekaligus memberikan  pembelaran pertanian di UMBY, selain secara makro ikut berkiprah untuk pencegahan stunting tetapi dari sisi akademik sangat mendukung untuk penerapan teknologi dalam pembudidayaannya hingga pengolahan hasil pascapanennya," ujar Alimatus Sharah.  

Seperti kita ketahui bersama bahwa pendiri UMBY, H. Probo Sutedjo juga dikenal memiliki komitmen terhadap dunia pertanian. Bahkan sebelum UMBY, ia telah mendirikan IPW (Institut Pertanian Wangsa Manggala) kemudian berubah menjadi universitas sangat dikenal pertaniannya yaitu Universitas Wangsa Manggala Yogyakarta.

Universitas Wangsa Manggala Yogyakarta kini berubah menjadi UMBY yang tetap melestarikan fakutas pertanian sebagai fakultas unggulan. Fakultas Pertanian UMBY berubah menjadi Fakultas Agroindustri dengan memiliki tiga program studi yaitu Agroteknologi, Peternakan dan Teknologi Hasil Pangan, bahkan sekarang telah berdiri Program Studi S-2 Pertanian yaitu Ilmu Pangan.

Sementara itu, Bino Arminanto, Direktur Kebunku Agromotion Indonesia menyatakan bahwa edamame menjadi pilihan karena kandungan proteinnya tinggi, rasanya enak, banyak manfaatnya dan bisa dibuat banyak produk olahannya, selain waktu panennya cepat, dan budidayanya yang relative mudah.

Tetapi perlu dipahami bahwa kandungan nutrisi dan rasa terbaik ini hanya bisa  diperoleh dengan terapan teknologi dan pengolahan yang baik dan benar agar manfaatnya benar-benar bisa terasakan.

Teknologi yang digunakan dalam budidaya edamame adalah teknologi pertanian sehat yaitu teknologi pembedah tanah untuk kesuburan tanah, teknologi nutrisi esensial untuk menseimbangkan nutrisi tanaman, dan teknologi nano kitosan untuk mengaktifkan daya tahan tanaman.

Perlu diketahui bahwa kandungan nutrisi dan rasa rdamame terbaik hanya bisa diperoleh dari Proses Produksi yang sehat.

Panen perdana edamame juga dihadiri para pejabat dan tokoh masyarakat Sedayu, di antaranya Camat Sedayu Sarjiman, SIP, ME, Lurah Desa Argomulyo, para dukuh, Pengurus Yayasan Wangsamanggala, segenap pimpinan UMBY dengan rangkaian acara yang sederhana dan singkat serta menerapkan standar operasional penanggulangan Covid-19. (OL-09)

 

Baca Juga

Antara

Vaksin dan Politik AS Kembali Kerek Pasar Bursa Global

👤 Fetry Wuryasti 🕔Selasa 24 November 2020, 11:16 WIB
Bursa saham AS semalam ditutup menguat setelah Emily Murphy sebagai ketua administrasi umum mengatakan bahwa semua sumber daya federal...
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Kemenperin: Produk Kosmetik Meningkat 80% di Pasar Online

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 24 November 2020, 11:01 WIB
"Bergesernya pola belanja ini terlihat dari meningkatnya produk kosmetik sebesar 80% di pasar...
Antara

29,12 Juta Orang dengan Usia Kerja Terdampak

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Selasa 24 November 2020, 10:55 WIB
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengungkapkan berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) terdapat 29,12 juta orang di usia...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya