Rabu 24 Juni 2020, 16:30 WIB

Hewan Kurban di Pesisir Selatan Harus Dilengkapi Suket Sehat

Yose Hendra | Nusantara
Hewan Kurban di Pesisir Selatan Harus Dilengkapi Suket Sehat

MI/Fransisco Carolio Hutama Gani
Ilustrasi: Petugas dari Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang melakukan pemeriksaan terhadap hewan kurban di tempat penjualan hewan kurban

 

KEPALA Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Pesisir Selatan Efrianto memastikan semua hewan kurban baik sapi maupun kambing di Kabupaten Pesisir Selatan akan dilengkapi dengan surat keterangan sehat serta keterangan dari nagari mana hewan tersebut didatangkan.

Upaya itu dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat agar tidak sampai mengonsumsi daging yang berasal dari hewan dengan penyakit menular atau sakit. Diprediksi, jumlah hewan kurban di wilayah Pesisir Selatan mencapai 7 ribu ekor.

"Sama dengan tahun sebelumnya, semua hewan kurban yang disembelih oleh pengurus masjid di daerah ini berasal dari lokal. Maksudnya tidak ada yang diimpor dari luar daerah. Sebab kebutuhan untuk dalam daerah memang mencukupi, bahkan juga bisa memasok untuk kebutuhan luar daerah," kata Efrianto, Rabu (24/6).

Baca juga: Kementan Keluarkan SE tentang Pelaksanaan Kurban Saat Pandemi

Selain masjid, penyembelihan hewan kurban juga dilakukan oleh kaum atau suku di daerah itu. Bahkan juga oleh instansi pemerintah baik daerah maupun vertikal, BUMN, perusahaan serta juga paguyuban-paguyuban dan kelompok arisan.

"Agar kualitas dan kesehatan hewan kurban benar-benar terjamin sehingga semua hewan kurban dilengkapi dengan surat keterangan sehat, dan dari mana hewan itu didatangkan," ujarnya.

Dia menambahkan, agar daging kurban tetap sehat dan aman untuk dikonsumsi panitia kurban tidak perlu membungkus daging dengan kresek berwarna hitam.(OL-5)
 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Irwansyah

Ratusan Ekor Tukik Dilepas di Pantai Yeh Gangga

👤Arnoldus Dhae 🕔Selasa 11 Agustus 2020, 20:50 WIB
Upacara pelepasan ratusan tukik tersebut dilakukan dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Polwan yang...
Medcom.id

Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 di Cilacap Capai 95 Persen

👤Lilik Darmawan 🕔Selasa 11 Agustus 2020, 20:01 WIB
Hal yang harus terus dilaksanakan oleh masyarakat adalah disiplin dalam mentaati protokol...
MI/John lewar

Masuk Objek Wisata di Mabar Tak Lagi Gratis

👤John Lewar 🕔Selasa 11 Agustus 2020, 19:55 WIB
Mulai 15 Agustus 2020 ini pemerintah kabupaten Manggarai Barat (Mabar) di Labuanbajo NTT memberlakukan retribusi masuk ke objek wisata di...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya