Senin 22 Juni 2020, 20:15 WIB

Titik Panas Karhutla Mulai Terpantau di NTT

Palce Amalo | Nusantara
Titik Panas Karhutla Mulai Terpantau di NTT

MI/Solmi
Seorang personel pasukan manggala agni Jambi terlihat kewalahan dan kecapekan menjauhi pusat kebakaran lahan (22/6/2020)

 

Titik panas (hotspot) diduga akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) mulai terpantau di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan tingkat kepercayaan 80%.

Pada Senin (22/6), BMKG Stasiun Meteorologi El Tari Kupang melaporkan dua titik panas masing-masing di Kecamatan Umbu Ratu Nggay, Sumba Tengah dan Kecamatan Pandawai, Sumba Timur. Hasil deteksi titik api itu menggunakan satelit Terra Aqua, Suomi NPP dan NOAA20 yang diterima dari Lapan.

Pada 18 Juni 2020, BMKG juga melaporkan satu titik panas di Kecamatan Haharu, Sumba Timur, juga dengan tingkat kepercayaan 80%.

Baca juga: Ada Video Porno di Webinar KPU Sumbar

Kepala Stasiun Meteorologi Kelas II El Tari Kupang, Agung Sudiono Abadi mengatakan satelit akan mendeteksi anomali suhu panas dalam luasan satu kilometer persegi pada suatu lokasi di permukaan bumi akan diobservasi 2-4 kali per hari.

Menurut Agung, pada wilayah yang tertutup awan, titik panas tidak dapat terdeteksi. Kekeringan dan hembusan angin yang kencang juga menjadi penyebab tidak langsung dalam sebaran suatu titik panas tersebut.

"Citra satelit tersebut hanya menilai anomali reflekstifitas dan suhu sekitar yang diinterpretasikan sebagai titik panas. Penyebab adanya anomali tersebut tidak dapat kami pastikan," ujarnya lewat keterangan tertulis. (OL-14)

Baca Juga

MI/Apul Iskandar

Pemkot Pematangsiantar Bentuk Tim Desk Pilkada

👤Apul Iskandar 🕔Kamis 26 November 2020, 09:18 WIB
Pemkot Pematangsiantar membentuk Tim Desk untuk melakukan pemantauan, inventarisasi dan mengantisipasi permasalahan selama pilkada yang...
Istimewa

Warga Bantaran Sungai Waspadai Banjir

👤Hijrah Ibrahim 🕔Kamis 26 November 2020, 08:38 WIB
BPBD Kota Ternnate mengeluarkan peringatan bagi warga yang bermukim di bantaran sungai untuk mewaspadai musim hujan dan...
MI/Djoko Sardjono

Pengungsi Merapi masih Bertahan

👤Djoko Sardjono 🕔Kamis 26 November 2020, 08:28 WIB
Sebanyak 375 pengungsi erupsi Gunung Merapi masih bertahan barak Balai Desa Balerante dan Balai Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang,...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya