Senin 22 Juni 2020, 12:01 WIB

Hasil Rapid Test Sembilan Pengguna Jalan di Palangka Raya Reaktif

Surya Sriyanti | Nusantara
Hasil Rapid Test Sembilan Pengguna Jalan di Palangka Raya Reaktif

MI/Surya Sriyanti
Pelaksanaan Rapid Test di Bundaran Palangka Raya

 

SEBANYAK 236 pengendara roda dua dan empat yang melintas di Bundaran Besar Palangka Raya melakukan rapid test secara drive thru oleh Polda Kalteng,TNI dan Pemprov Kalteng. Dari jumlah tersebut, sebanyak sembilan orang mendapatkan hasil reaktif.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Dokter Kesehatan (Kabiddokkes) Polda Kalteng Kombes Pol Danang Pamudji Kalteng, 9 orang reaktif dan 227 orang non-reaktif.

Sebelumnya, Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan pihaknya menargetkan sekitar 300 pengguna jalan yang melintas di Bundaran Besar Palangka Raya untuk dilakukan tracing masyarakat yang reaktif.

"Sasaran yang kita lakukan rapid test drive thru hari ini untuk pengendara roda dua dan roda empat sebanyak 300 orang," kata Kapolda Dedi Prasetyo.

Menurut Kapolda, kegiatan ini merupakan upaya Polri, TNI dan Pemerintah Daerah mengantisipasi penyebaran covid-19 di Kota Palangka Raya.

"Seperti yang kita ketahui bersama di Kota Palangka Raya jumlah pasien terkonfirmasi positif covid-19 semakin meningkat, untuk itu kita berupaya melakukan pemeriksaan dengan tracing rapid tes drive thru  untuk meminimalisir penyebarannya," ungkapnya.

Baca juga: Polda Kalteng Siapkan Command Center Karhutla

Sementara itu, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, saat meninjau rapid test di Bundaran Besar mengatakan dirinya sangat berterima kasih kepada Polda Kalteng yang telah membantu pemerintah dalam upaya memutus mata rantai penyebaran covid-19 dengan melaksanakan kegiatan rapid test massal drive thru.

Dirinya juga berharap di daerah lain bisa melaksanakan kegiatan yang sama. Menurutnya, selain pasar yang menjadi pusat keramaian, jalan raya juga perlu untuk dilakukan pemeriksaan bagi para pengendara.

"Dari hasil rapid test yang diketahui reaktif kita harapkan bisa dikarantina sementara dilakukan pengambilan swab," tutur Sugianto Sabran.

"Apabila hasil swab telah dinyatakan positif, pemprov akan membantu memberikan sembako kepada pasien dan selama perawatan akan dijamin oleh pemerintah," imbuhnya.

Dari data Gugus Covid-19 Kalteng yang dirilis Minggu (21/6), jumlah pasien positif korona bertambah 17 orang sehingga totalnya 779 orang. Sebanyak 17 orang positif itu rinciannya 12 orang di Palangka Raya dan 5 orang Gunung Mas.

Kemudian untuk jumlah ODP 250 orang, PDP 124 orang, sembuh 294 orang dan meninggal dunia 48 orang.(OL-5)

Baca Juga

ANTARA

Riau Segera Terbitkan Perda Penegakan Hukum Protokol Covid-19

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Jumat 07 Agustus 2020, 01:53 WIB
Rencana untuk mengeluarkan Perda penegakan hukum protokol kesehatan di Riau telah disetujui oleh DPRD. Dalam waku dekat aturan ini akan...
ANTARA

Jatim Uji Coba KBM Tatap Muka Pada 18 Agustus

👤Faishol Taselan 🕔Jumat 07 Agustus 2020, 01:21 WIB
Ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi untuk melangsungkan pembelajaran tatap muka. Diantaranya harus mendapat persetujuan dari gugus...
ANTARA/Umarul Faruq

Jatim Masukkan Sanksi Pelanggar Protokol Kesehatan Dalam Perda

👤Faishol Taselan 🕔Jumat 07 Agustus 2020, 01:06 WIB
Perubahan Perda tersebut akan menjadi payung hukum bagi peraturan bupati dan wali kota dalam rangka penyelenggaraan ketentraman dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya