Senin 22 Juni 2020, 09:03 WIB

Tersambar Petir, Kapal Nelayan Sungailiat Pecah Lalu Tenggelam

Antara | Nusantara
Tersambar Petir, Kapal Nelayan Sungailiat Pecah Lalu Tenggelam

Ilustrasi
Kapal nelayan tenggelam

 

KAPAL nelayan Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, tersambar petir hingga mengakibatkan pecah dan tenggelam di daerah penangkapan Karang Seven laut Bangka.

Nahkoda kapal Olidin Sutomo, 54, mengatakan, petir yang menyambar dan mengakibatkan kapalnya pecah terjadi sekitar pukul 02.00 WIB dini hari, saat kejadian tengah dilakukan perbaikan pipa pembuangan oleh salah satu anak buah kapal.

"Petir menyambar kapal saat cuaca di laut dalam kondisi hujan secara bertahap," kata Olidin, Senin (22/6).

Olidin mengatakan kapal tersebut ditumpangi dirinya bersma dua anak buah kapal, Dodi (35) dan Jul (50). Kemudian tersambar petir pada hari keempat di laut saat mencari ikan dengan alat tangkap jaring.

"Saya sengaja tidak menurunkan jangkar kapal saat itu karena untuk menghambat masuknya air laut ke dalam kapal meskipun kapalnya tenggelam dan dibawa arus air laut," jelasnya.

Baca juga: Kapal Dharma Rucitra III Kandas, Penumpang & Awak Selamat

Dia bersama dengan dua anak buah kapal selamat, berenang mendekati kapal nelayan yang sedang mencari ikan berjarak kurang lebih 300 meter.

"Saya bersama dengan dua anak buah kapal berenang kurang lebih 300 meter untuk mendapatkan pertolongan dari nelayan lain yang sedang mencari ikan," imbuhnya.

Atas musibah tersebut, korban mengalami kerugian materi ditaksir mencapai puluhan juta rupiah. Sementara Ketua HNSI Kabupaten Bangka, Ridwan mengingatkan seluruh nelayan di daerahnya untuk tetap berhati-hati dan mengutamakan aspek keselamatan saat melakukan aktivitas penangkapan.
 
"Lengkapi kapal dengan alat keselamatan seperti jaket pelampung dan kelengkapan keselamatan lainnya," kata Ridwan.

Pada saat hendak melaut, ujar Ridwan, nelayan harus memastikan kapal dalam kondisi baik atau layak berlayar.(OL-5)

Baca Juga

MI/Supardji Rasban

Pedagang Positif Covid-19 Meninggal, Pasar Sirampog Masih Ditutup

👤Supardji Rasban 🕔Selasa 22 September 2020, 17:03 WIB
Pasar itu ditutup oleh Pemerintah Desa Mendala sejak Minggu 20 September 2020 hingga Rabu 23 September 2020. Pemantauan di lokasi, tidak...
Dok.MI

Genjot PAD, Polda NTB Luncurkan Go Sim dan Samsat Apps

👤Yusuf Riaman 🕔Selasa 22 September 2020, 17:00 WIB
POLDA NTB luncurkan pelayanan aplikasi SamsatApps dan Go-SIM. Pelayanan ini mempermudah warga untuk mengurus SIM dan membayar pajak...
dok.DPR-RI

Komisi V DPR: Larangan Terbang Bukan Wewenang Gubernur

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 22 September 2020, 16:50 WIB
ANGGOTA Komisi V DPR RI, Nurhayati Monoarfa mempertanyakan sanksi larangan terbang dari Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji , sebab...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya