Senin 22 Juni 2020, 04:25 WIB

Kawasan Wisata Pantai Pangandaran mulai Menggeliat

Kristiadi | Nusantara
Kawasan Wisata Pantai Pangandaran mulai Menggeliat

ANTARA/Adeng Bustomi
Kawasan wisata Pantai Pangandaran, Jawa Barat

 

DINAS Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat mencatat peningkatan jumlah kunjungan wisatawan sejak destinasi wisata di kawasan itu kembali dibuka sejak Jumat (5/6). Berdasarkan data yang diterima tercatat 4.645 orang wisatawan berkunjung ke Pantai Pangandaran.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran, Untung Saeful Rachman mengatakan kunjungan wisatawan sudah mulai terjadi dan pengunjung selama ini masih belum tinggi. Karena, belum 100 persen destinasi di wilayahnya beroperasi dan persyaratan wisatawan untuk berkunjung juga masih cukup ketat.

"Sudah ada peningkatan meski tidak signifikan karena pelaku usaha wisata sampai sekarang ini belum buka semua karena masih ada yang menutup diri. Namun, peningkatan juga terjadi pada hunian hotel di Pangandaran ketika baru pertama destinasi wisata kembali dibuka ada peningkatan tingkat hunian hotel dari 5 persen menjadi 15 persen dari kapasitas 50 persen," katanya, Minggu (21/6).

Untung mengatakan, objek wisata Pantai Pangandaran merupakan destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan sejak dibuka kembali. Dalam sejak dibuka hingga 16 Juni lalu, terdapat 2.833 wisatawan berkunjung ke Pantai Pangamdaran. Sementara destinasi favorit kedua adalah Pantai Karapyak dengan jumlah 769 kunjungan, Pantai Batukaras 739, Green Canyon 190, dan Pantai Batu Hiu 114 orang kunjungan wisatawan.

Untung mengungkapkan, sebagian warga yang hendak mengunjungi kawasan Pantai Pangandaran terpaksa harus kembali karena tidak membawa keterangan hasil uji cepat (rapid test). Kendaraan motor maupun mobil yang harus balik kanan tersebut tercatat 2.000 unit berasal dari berbagai daerah seperti Jakarta, Bandung, Tasikmalaya, Ciamis dan Garut.

"Persyaratan bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke Pangandaran masih sama dan mereka harus membawa surat keterangan sehat yang dilampiri hasil rapid test atau tes swab Covid-19. Mereka juga harus tetap menerapkan protokol kesehatan di destinasi wisata yang dikunjunginya. (R-1)

Baca Juga

ANTARA

Riau Segera Terbitkan Perda Penegakan Hukum Protokol Covid-19

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Jumat 07 Agustus 2020, 01:53 WIB
Rencana untuk mengeluarkan Perda penegakan hukum protokol kesehatan di Riau telah disetujui oleh DPRD. Dalam waku dekat aturan ini akan...
ANTARA

Jatim Uji Coba KBM Tatap Muka Pada 18 Agustus

👤Faishol Taselan 🕔Jumat 07 Agustus 2020, 01:21 WIB
Ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi untuk melangsungkan pembelajaran tatap muka. Diantaranya harus mendapat persetujuan dari gugus...
ANTARA/Umarul Faruq

Jatim Masukkan Sanksi Pelanggar Protokol Kesehatan Dalam Perda

👤Faishol Taselan 🕔Jumat 07 Agustus 2020, 01:06 WIB
Perubahan Perda tersebut akan menjadi payung hukum bagi peraturan bupati dan wali kota dalam rangka penyelenggaraan ketentraman dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya