Minggu 21 Juni 2020, 05:05 WIB

Anies Baswedan Fitting untuk Madame Tussauds? Ini Faktanya

Henri Siagian | Megapolitan
Anies Baswedan Fitting untuk Madame Tussauds? Ini Faktanya

Antara
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menggunakan pakaian dinas upacara (PDU) saat sesi pemotretan di Jakarta, Kamis (12/10/2017).

 

SEBUAH akun di Facebook menyebarkan foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjalani pengepasan pakaian dinas gubernur. Di foto itu, Anies diapit dua orang yang mengukur pakaian dinas itu.

Baca juga: Pengunggah The Lippo Way Gugat Pasal Pemidanaan Penyebar Hoaks

Tangkapan layar hoaks soal fitting Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Antara)

Pada unggahan foto itu, sang pemilik akun juga menambahkan narasi berjudul "ANIS BASWEDAN INGIN PATUNG LILINNYA BERKARAKTER TERSENYUM".

Dalam narasinya, disebutkan:

Bahkan Anis juga telah menyerahkan 1 set properti yang akan dikenakan di patung lilin dirinya nanti, yaitu kemeja, celana, sabuk dan sepatu. Untuk properti lainnya akan dilengkapi sendiri oleh pihak Madame Tussauds.

Salah satu tahapan paling menarik menurut Anis Baswedan yang memenangkan Pilgub DKI tersebut adalah mencetak bagian tangan yang ternyata dikerjakan langsung dengan menduplikat tangan dirinya dengan cairan khusus semacam karet yang disebut alginat. Dengan cara ini bentuk tangan patung lilin itu nantinya benar benar presisi sesuai aslinya.

Untuk bagian tubuh lainnya akan dibuat cetakan dari gypsum (khusus kepala dan wajah yang lebih detail) serta cetakan tanah liat untuk bagian tubuh lainnya. Setelah semua moulding selesai, akan dituang cairan wax bersuhu 74 derajat yang dalam waktu 60 menit akan mengering membentuk patung sesuai karakternya. Tinggal dikerjakan proses finishing.

Anis secara khusus mengajukan request agar karakter wajahnya di patung lilin bukan sedang manyun alias cemberut seperti yang banyak dijumpai di foto yang beredar di sosial media. Dia ingin wajahnya sedang tersenyum dan terlihat giginya. Makanya secara khusus dia juga melakukan proses cetak gigi untuk pembuatan mouldingnya.

Bagian tersulit dalam finishing adalah proses menanam rambut yang dilakukan helai demi helai lebih kurang selesai selama 4-5 minggu. Hasilnya sangat natural, dan membuat patung lilin berbiaya 1,3 milyar tersebut nantinya menyerupai karakter Anis Baswedan yang riil.

Madame Tussauds Hongkong secara khusus memang ingin membuat patung lilin dengan karakter Anis Baswedan, dimana rencananya patung itu bukan untuk dipajang di Museum Madame Tusaud di Hongkong melainkan akan disumbangkan untuk dibakar di Festival Ogoh Ogoh di Pulau Bali, yang bertujuan untuk mengusir setan dan menolak bencana.

Unggahan yang muncul pada Selasa (15/6) itu telah dibagikan 133 kali hingga Jumat (19/6). Akan tetapi, pada Sabtu (20/6), unggahan itu sudah dihapus.

Baca juga: Soal Anies Perpanjang PSBB di DKI Hingga 18 Juni: Hoaks

Berdasarkan penelusuran, foto yang digunakan pada unggahan itu adalah foto pada 2017 saat Anies sedang melakukan pengukuran jas untuk pakaian dinas Gubernur DKI Jakarta.

Foto tersebut dipublikasikan situs Netz.id dalam konten Mengintip Anies-Sandi Fitting Pakaian Dinas Gubernur pada 12 Oktober 2017. 

Tangkapan layar konten dari Netz.id berjudul Mengintip Anies-Sandi Fitting Pakaian Dinas Gubernur.

Baca juga: Metro TV Akui Anies Baswedan Presiden? False Context

 

Di dalam situs itu, terdapat sembilan foto Anies dan Sandiaga Uno yang tengah mencoba pakaian mereka dan berfoto dengan seragam tersebut. Fitting atau pengepasan pakaian dinas dilakukan di Chiu Tailor yang telah menjadi langganan untuk membuat seragam dinas Gubernur DKI Jakarta sejak era Tjokropranolo. (Ant/X-15)

Baca Juga

Medcom/Annisa

Sejumlah Perumahan di Bekasi Terendam Banjir Hingga 1,5 Meter

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 07:13 WIB
"Yang paling tinggi di Villa Jatirasa, ketinggian 190...
MI/Andri Widiyanto

Pandemi Membuka Peluang Dunia Digital

👤Dmr/Put/J-2 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 06:17 WIB
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membantu para pelaku UMKM untuk berpindah ke bisnis digital dan memastikannya mampu...
MI/Ramdani

Anies: Pandemi, Satu Juta Orang di Jakarta Bekerja dari Rumah

👤Selamat Saragih 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 19:47 WIB
Orang-orang sekarang bebas bersepeda di pagi hari sebelum berangkat kerja atau kadang berangkat kerja dengan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya