Sabtu 20 Juni 2020, 23:56 WIB

Puji Sektor Pariwisata Banyuwangi, Luhut: Memang Paten

Henri Siagian | Nusantara
Puji Sektor Pariwisata Banyuwangi, Luhut: Memang Paten

Antara
Pemandu wisata mengikuti acara penyerahan sertifikat Guide Ijen di Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (19/6).

 

SEKTOR pariwisata di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, dan sejumlah lokasi di Nusa Tenggara disebut sudah siap untuk dibuka kembali.

"Menurut saya, yang sudah siap adalah Banyuwangi dan Nusa Tenggara, namun tetap harus diperhatikan protokol kesehatannya. Banyuwangi ini memang paten," kata Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan di Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (20/6).

Baca juga: Bupati Azwar Anas Uji Coba New Normal di Lokasi Wisata Banyuwangi

Pernyataan Luhut itu disampaikan dalam rapat koordinasi terbatas secara daring pada Jumat (19/6) malam itu, juga diikuti Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Kepala BNPB Doni Monardo, Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Laiskodat, dan Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak.

Baca juga: Banyuwangi Dinilai Siap Masuk Era Kenormalan Baru

Siti Nurbaya menyampaikan Banyuwangi memiliki posisi penting dalam menunjang ekosistem pariwisata alam. Selain di Banyuwangi, Bali Barat hingga ke Bromo juga mengalami hal yang sama.

"Secara administratif, kami melihat klaster Banyuwangi, Bali barat, juga Bromo, ini banyak yang satu paket. Jika di Banyuwangi tergarap dengan baik, ini akan memicu titik-titik lainnya," kata Siti Nurbaya.

Baca juga: Cegah Covid-19, Bali Tempatkan Petugas di Banyuwangi

Bupati Abdullah Azwar Anas memaparkan sejumlah konsep normal baru pariwisata. "Kepada para pengelola pariwisata, kami tekankan jualan kita tak lagi sekadar harga murah dan suguhan wisata yang indah, namun juga harus memenuhi protokol kesehatan dan keamanan," katanya.

Menurut Azwar Anas, ada sejumlah destinasi di Banyuwangi yang siap untuk dibuka, di antaranya Taman Nasional Alaspurwo, Gunung Ijen, dan beberapa objek wisata lainnya.

"Kami menunggu komando dari pusat untuk bisa membuka kembali wisata kami. Dari sisi persiapan, insyaallah telah kami persiapkan dengan cukup baik. Simulasi terus kami lakukan," katanya. (Ant/X-15)

Baca Juga

MI/Djoko Sardjono

Sambut HUT TNI, Kodim Klaten Bagi Sembako ke Warga Lereng Merapi

👤Djoko Sardjono 🕔Rabu 30 September 2020, 06:15 WIB
Pemberian bantuan sembako, lanjut Dandim, merupakan bentuk kedekatan jajaran TNI Kodim 0723 Klaten dengan warga terpencil di Dukuh...
ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan

Harga Minyak Nabati Global Turun Picu Turunnya Harga Sawit Riau

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 September 2020, 06:06 WIB
Harga minyak nabati global turun. Hal itu membuat harga sawit Riau ikut merosot. Pemicu lainnya situasi politik di Malaysia ikut...
ANTARA

Kuasa Hukum PT GWP Minta Lelang Hotel Kuta Paradiso Dibatalkan

👤Arnoldus Dhae 🕔Rabu 30 September 2020, 05:39 WIB
Rencananya pengadilan Denpasar akan melelang  lahan yang kini telah dibangun Hotel Kuta Paradiso di Kuta, Bali pada 6 Oktober...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya