Jumat 19 Juni 2020, 21:50 WIB

Zona Hijau, Disdik Sumsel Bolehkan Belajar di Sekolah

Dwi Apriani | Nusantara
Zona Hijau, Disdik Sumsel Bolehkan Belajar di Sekolah

Antara
Ilustrasi

 

SESUAI dengan kebijakan pemerintah pusat, Dinas Pendidikan Provinsi SumatraSelatan memperbolehkan kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di sekolah dengan tatap muka. Namun dengan catatan khusus di daerah zona hijau.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Sumsel, Riza Pahlevi mengatakan, boleh buka sekolah jika daerahnya termasuk zona hijau dan sudah ada kesepakatan antara wali siswa dan komite sekolah, serta memenuhi persyaratan lainnya.

Khusus di Sumsel ada empat daerah yang berstatus zona hijau dan disetujui  untuk memulai new normal atau normal baru. Yakni Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Empat Lawang, OKU Selatan, dan Kota Pagaralam. Teranyar Prabumulih yang bebas dari covid-19.

"Tidak saja berstatus zona hijau, syarat-syarat yang harus ditaati sekolah agar bisa melaksanakan KBM tatap muka langsung, adalah mengantongi izin dari pemerintah daerah dan kantor wilayah, atau kantor Kementerian Agama setempat’’ ujar Riza, Jumat (19/6).

Baca juga :Kebijakan Kemendikbud Beri Keringanan UKT Mahasiswa Diapresiasi

Kemudian, satuan pendidikan sudah memenuhi daftar protokol kesehatan, dan siap melakukan pembelajaran langsung berjarak dengan fasilitas memadai. Misalnya, tiap kelas menyediakan tempat cuci tangan atau wajib pakai masker.

Hal terakhir agar tidak ada kesalahpahaman antar sekolah dan wali murid, orangtua siswa diminta menandatangani atau menyetujui surat dari sekolah. Isinya tentu saja pernyataan menyetujui pembelajaran tatap muka.

‘’Kalau satu dari semua syarat tidak terpenuhi, siswa tidak dipersilakan datang ke sekolah. Melanjutkan belajar dari rumah. Catatannya sekolah harus menjalankan protokol kesehatan,’’ paparnya. (OL-2)

 

Baca Juga

MI/Apul Iskandar

Pemkot Pematangsiantar Bentuk Tim Desk Pilkada

👤Apul Iskandar 🕔Kamis 26 November 2020, 09:18 WIB
Pemkot Pematangsiantar membentuk Tim Desk untuk melakukan pemantauan, inventarisasi dan mengantisipasi permasalahan selama pilkada yang...
Istimewa

Warga Bantaran Sungai Waspadai Banjir

👤Hijrah Ibrahim 🕔Kamis 26 November 2020, 08:38 WIB
BPBD Kota Ternnate mengeluarkan peringatan bagi warga yang bermukim di bantaran sungai untuk mewaspadai musim hujan dan...
MI/Djoko Sardjono

Pengungsi Merapi masih Bertahan

👤Djoko Sardjono 🕔Kamis 26 November 2020, 08:28 WIB
Sebanyak 375 pengungsi erupsi Gunung Merapi masih bertahan barak Balai Desa Balerante dan Balai Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang,...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya