Kamis 18 Juni 2020, 14:11 WIB

Pilkada Diundur, Ada Tambahan 456 Ribu Pemilih Pemula

Faustinus Nua | Politik dan Hukum
Pilkada Diundur, Ada Tambahan 456 Ribu Pemilih Pemula

Antara/Muhammad Arif
Pekerja merakit kotak suara di gudang KPU Kota Padang, Sumatra Barat.

 

KEMENTERIAN Dalam Negeri (Kemendagri) menyerahkan tambahan data pemilih pemula kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU). Data pemilih yang digunakan untuk pemilihan kepala daerah (pilkada) Desember, bertambah sebanyak 456.256 orang.

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, menyebut tambahan Data Penduduk Potensial Pemilih pemilu (DP4) Pilkada 2020 kepada KPU sebagai dampak penundaan pilkada dari September ke Desember. Penundaan menyebabkan kemunculan pemilih baru yang mempunyai hak suara, karena penambahan usia.

Baca juga: Bawaslu Usulkan Kampanye Pilkada Secara Virtual

"Adanya penundaan jadwal dari rencana September ke Desember, mengakibatkan penambahan pemilih potensial, karena usia yang bertambah," kata Tito melalui rekaman video dalam penyerahan data pemilih pemula di Kantor KPU RI, Kamis (18/6).

Tito menuturkan data pemilih pemula tambahan untuk melengkapi data penduduk pemilih potensial pemilu (DP4), yang sudah diserahkan ke KPU. Pada Januari, pihaknya menyerahkan data DP4 sebanyak 105,3 juta jiwa dari 270 daerah yang melaksanakan pilkada. Data tersebut terdiri dari 52,7 juta laki-laki dan 52,6 juta perempuan.

Saat ini, tambahan DP4 yang diserahkan sebanyak 456.256 jiwa. Sehingga, total DP4 untuk Pilkada 2020 mencapai 105,8 juta jiwa. "Data ini melengkapi data yang sebelumnya telah diberikan. Mudah-mudahan dapat dimanfaatkan sampai penetapan DPT," imbuh Tito.

Baca juga: Rilis Petisi, Koalisi Masyarakat Sipil Tolak Pilkada Desember

Lebih lanjut, dia berharap agar kerahasiaan data tetap terjaga. Pemanfaatan data tersebut hanya untuk keperluan penyelenggara dalam menyusun daftar pemilih tetap (DPT) dalam pilkada.

"Kita jaga kerahasiaan. Ini menyangkut privasi yang harus kita comply karena rule of law dan prinsip demokrasi," pungkasnya.

DP4 akan digunakan KPU provinsi dan kabupaten/kota sebagai salah satu sumber untuk menyusun DPT Pilkada 2020. Penambahan DP4 berdampak pada jumlah pemilik hak suara di 270 daerah peserta pilkada.(OL-11)

 

 

Baca Juga

MI/Adam Dwi

3 PNS, 2 Swasta dan Pegawai BUMN Diperiksa untuk Nurhadi

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 13:12 WIB
Keterangan keenam orang itu sangat dibutuhkan untuk penyempurnaan penyidikan kasus...
DOK DPR RI

Program PEN Dinilai Melindungi Kemampuan Ekonomi Pelaku Usaha

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 13:00 WIB
Menurutnya, program PEN akan mendukung pelaku usaha asalkan menerapkan kaidah-kaidah kebijakan yang penuh...
DOK DPR RI

Workshop Penanganan Situasi Darurat di Kompleks Parlemen Dibuka

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 12:29 WIB
Kompleks DPR juga merupakan cagar budaya yang memiliki nilai sejarah tinggi dan menjadi saksi bisu dalam sejarah NKRI dari masa ke...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya