Selasa 16 Juni 2020, 00:35 WIB

Fase Kritis I Karhutla Terlewati

MI | Humaniora
Fase Kritis I Karhutla Terlewati

ANTARA
Kebakaran Lahan

 

UPAYA pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) melalui teknologi berbasis sains di beberapa daerah rawan seperti Provinsi Riau, Sumatra Selatan, dan Jambi dapat melewati fase kritis I pada tahun ini.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mengatakan hal itu dapat dicapai dengan kerja keras dan pemanfaatan teknologi rekayasa hujan. “Kita memang harus sedikit lebih berkorban dengan melakukan rekayasa hari hujan lebih awal guna membasahi gambut, juga untuk mengisi embung dan kanal. Tahun ini kita lakukan lebih cepat karena sangat penting menjaga masyarakat terhindar dari ancaman karhutla, terlebih lagi di masa pandemi korona,” kata Siti Nurbaya, kemarin.

Dia menjelaskan, dengan berbekal analisis dan rekomendasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Kementerian LHK mengupayakan pencegahan dini dengan merekayasajumlah hari hujan untuk pembasahan gambut yang rentan terbakar melalui
teknologi modifikasi cuaca (TMC) di provinsi yang rawan karhutla.

Rekayasa hari hujan untuk membasahi gambut itu dilaksanakan dengan melibatkan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), yang telah ditetapkan sebagaimana Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2020 tentang penanggulangan karhutla.

Sementara itu, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati saat rapat bersama KLHK menyampaikan kondisi cuaca dan iklim harus menjadi pertimbangan untuk melakukan operasional TMC. Hingga ke penghujung Juni dan memasuki Juli, potensi pertumbuhan awan hujan di Riau dan Sumsel akan semakin menurun.

Begitu pula dengan faktor kelembapan udara. Untuk wilayah Sumatra, kelembapan udara secara umum mulai menurun sehingga akan cukup menghambat pertumbuhan awan konvektif. Sebaliknya, potensi pertumbuhan awan di wilayah Kalimantan akan bertambah.

Berdasarkan prakiraan BMKG, musim kemarau 2020 telah dimulai sejak memasuki Juni dan akan mencapai puncaknya pada Agustus mendatang. (Fer/H-1)

Baca Juga

ANTARA/Nyoman Hendra Wibowo

Indonesia Terus Upayakan Pemenuhan Hak Anak

👤Atalya Puspa 🕔Selasa 24 November 2020, 14:20 WIB
Hal paling mendasar yang dilakukan Indonesia dalam upaya pemenuhan hak anak dan perlindungan anak sesuai Konvensi Hak Anak adalah dengan...
ANTARA/	IDHAD ZAKARIA

Kabar Gembira, Kemensos Buka Kuota Tambahan BST

👤Suryani Wandari 🕔Selasa 24 November 2020, 14:05 WIB
Kuota baru BST bagi 20 ribu KPM diprioritaskan untuk daerah yang penyerapan bantuannya dinilai...
Antara/Raisan Al Farisi

Ada Potongan Pajak, Berapa BSU yang Diterima Guru Honorer?

👤Faustinus Nua 🕔Selasa 24 November 2020, 13:58 WIB
Bagi guru honorer yang memiliki NPWP, besaran BSU dikenai potongan PPh sebesar 5%. Adapun penerima BSU yang belum punya NPWP, dikenai...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya