Minggu 14 Juni 2020, 20:05 WIB

Gereja Keuskupan Ruteng Mulai Gelar Misa Terbuka

John Lewar | Nusantara
Gereja Keuskupan Ruteng Mulai Gelar Misa Terbuka

MI/John Lewar
Uskup keuskupan Ruteng Manggarai Flores NTT Mgr.Siprianus Hormat

 

SETELAH tiga bulan penuh seluruh gereja di tanah air, menggelar misa secara online tanpa di hadiri umat. Menyambut kenormalan baru atau new normal  yang akan di mulai 15 Juni besok, gereja-gereja di tanah Flores NTT, menggelar misa perdana terbuka dengan mengikuti aturan tata cara protokoler kesehatan.

Seperti di Labuanbajo kabupaten Manggarai Barat, Paroki Roh Kudus dan Maria Bunda segala bangsa, telah memulai menerapan protokoler kesehatan covid, dari mencuci tangan sebelum masuk ke dalam gereja, benar-benar diterapkan oleh petugas liturgi.

Setiap umat yang hendak mengikuti perayaan misa tetap masuk melalui satu pintu dan langsung di tes suhu tubuh mereka oleh petugas kesehatan.

Wakil bupati Manggarai Barat Maria Geong, usai misa Minggu 14/6 mengatakan, petugas liturgi gereja Paroki Roh Kudus Labuanbajo, telah menyusun tata cara kesehatan  di mulai sesuai hasil rapat pihak gereja dan tim gugus tugas covid kabupaten.

"Ini di lakukan merujuk surat gembala keuskupan Ruteng dalam edaran itu, bahwa per tanggal 14/6 di lakukan misa oleh gereja dengan mematuhi protokoler covid-19,"tutur Maria Geong

Aturan ini di berlakulah hingga duduk berjarak di dalam gereja juga tetap di berlakulah sesuai himbauan pemerintah dalam menerapkan protokoler kesehatan sehingga umat bisa terhindar dari penularan virus korona.

Tatanan baru perayaan misa terprotokoler itu, Maria Geong berterimakasih kepada gereja keuskupan Ruteng yang telah menerapkan protokol kesehatan.

"Selaku pejabat pemerintah di daerah ini saya mewakili umat seluruhnya mengucapkan terimakasi kepada pimpinan tertinggi gereja di wilayah ini yang telah memulai misa secarah terbuka. Jawaban atas kerinduan umat, tetap taat
terhadap protokol kesehatan," katanya.

Untuk di ketahui gereja di daratan Flores, keuskupan Ruteng setiap Minggunya akan menggelar empat kali misa pertama, pagi 5.30 wita, misa kedua 7.00 wita misa ketiga pukul 9.00 wita dan misa ke empat pada pukul 16.00 wita.

"Gereja tetap menggelar empat kali misa terjadwal dan tertata cara covid-19," ujar Jacko Teme petugas liturgi paroki Roh Kudus Labuanbajo menjawab mediaindonesia.com, Minggu (14/6). (OL-13)

Baca Juga: Satgas Covid Bantah Klaster Wartawan di Pamekasan

Baca Juga

MI/Djoko Sardjono

Pengungsi Merapi masih Bertahan

👤Djoko Sardjono 🕔Kamis 26 November 2020, 08:28 WIB
Sebanyak 375 pengungsi erupsi Gunung Merapi masih bertahan barak Balai Desa Balerante dan Balai Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang,...
MI/Supardji Rasban

Hasil Tracking, Pejabat Brebes Positif Covid-19 Bertambah

👤Supardji Rasban 🕔Kamis 26 November 2020, 07:12 WIB
Hasil tracking pejabat di lingkungan Pemkab Brebes terkonfirmasi positif covid-19 usai tour Bromo-Malang, bertambah dari 10 orang...
MI/Tosiani

Membuat Hantaran Jadi Peluang Bisnis Baru di Temanggung

👤Tosiani 🕔Kamis 26 November 2020, 06:47 WIB
Di tengah lesu bisnis di Kabupaten Temanggung akibat covid-19, kini para pelaku UMKM menggeluti bisnis membuat hantaran untuk...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya