Minggu 14 Juni 2020, 12:15 WIB

​​​​​​​Ombudsman: Anies Minim Mitigasi Cegah Covid-19 di Pasar

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
​​​​​​​Ombudsman: Anies Minim Mitigasi Cegah Covid-19 di Pasar

MI/ANDRI WIDIYANTO
Suasana di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (12/6).

 

KEPALA Ombudsman Perwakilan Jakarta Teguh P Nugroho menilai selama ini Gubernur Anies Baswedan tidak maksimal lakukan mitigasi terhadap penyebaran Covid-19 di pasar tradisional. 

Hal ini terkait puluhan pedagang yang terjangkit virus menular tersebut.

"Sejauh ini belum pernah ada modeling atau simulasi yang dilakukan untuk mitigasi pelayanan di pasar. Saya lihat tidak ada pergerakan kebijakan serius dari Pemprov DKI khususnya Pasar Jaya," terang Teguh kepada Media Indonesia, Jakarta, Minggu (14/6).

Selama 13 minggu PSBB kemarin, Teguh menyebut tidak ada marka atau pembatas di pasar-pasar yang disediakan oleh DKI. Ia mengatakan, kios-kios yang ada di pasar yang padat agar tetap ada physical distancing atau menjaga jarak.

"Perlu ada lokasi pintu masuk dan keluar pasar untuk memastikan jumlah yg masuk dan keluar dan bisa dilakukan screening," jelas Teguh.

Baca juga: Banyak Pedagang Terpapar Covid-19, Pasar Disterilisasi 3 Hari

Personel yang berjaga di pasar, sebutnya, masih minim mengawasi pergerakan pedagang dan pembeli. Hal ini seharusnya yang dijaga ketat agar pelanggaran seperti tidak memakai masker atau berdesakan bisa diberi teguran atau ada tindakan tegas.

"Harus ada personel yang memadai untuk melakukan pengawasan termasuk juga perangkat peringatan seperti sirine sebagai penada waktu beroperasinya pasar," kata Teguh.

Ombudsman juga mengusulkan ada pemeriksaan kesehatan Covid-19 berkala terhadap pedagang-pedagang di pasar tradisional. Serta ada penempatan alat kesehatan dalam jarak tertentu yang disediakan secara gratis.

"Apalagi PSBB transisi ini ada pelonggaran aktivitas, warga akan lebih banyak yang datang dari biasanya," pungkas Teguh. (A-2)

 

 

Baca Juga

Antara/Aprilio Akbar

Cari Tau Cara Atasi Banjir, Pansus DPRD Belajar dari Surabaya

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 00:16 WIB
Sebelumnya, Pansus Banjir juga sudah ke Pekalongan dan Semarang untuk mempelajari hal yang...
MI/USMAN ISKANDAR

Pemprov DKI Tambah Pompa untuk Antisipasi Banjir

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 21:26 WIB
Hal itu dipastikan dari pengajuan anggaran Dinas SDA DKI pada rancangan APBD Perubahan 2020 yang saat ini sedang dibahas oleh DPRD DKI...
Dok MI

Pemkot Depok Gelar Rapat Simulasi Suntik Vaksin Covid-19

👤Kisar Rajagukguk 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 21:20 WIB
Menurut Dedi, sasaran warga yang akan divaksin sebanyak 60%. Hanya saja di tahap awal baru 20% saja vaksin yang akan didistribusikan ke...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya