Jumat 12 Juni 2020, 05:40 WIB

Puluhan Ribu Pelanggan Mengadu ke PLN

(Mir/Ant/E-3) | Ekonomi
Puluhan Ribu Pelanggan Mengadu ke PLN

ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/aww.
Warga memasukkan pulsa token listrik di rumahnya

 

SEBANYAK 65.786 pelanggan di seluruh Indonesia telah menyampaikan pengaduan lonjakan tagihan tarif listrik kepada PT PLN (Persero). Pengaduan terbanyak berasal dari DKI Jakarta, Bandung, dan Surabaya.

"Pengaduan khusus tagihan posko yang dibuka di seluruh Indonesia pada hari ini sekitar 65.786 pelanggan. Ini terus bertambah karena pengaduan terus masuk," papar Direktur Niaga dan Manajemen Pelayanan Pelanggan PT PLN (Persero) Bob Saril dalam dialog publik bertema Gonjang-ganjing tagihan listrik, kemarin.

Ia menambahkan dari jumlah aduan tersebut, DKI Jakarta, Bandung, dan Surabaya menjadi kota dengan aduan terbanyak. "DKI Jakarta, Bandung, dan Surabaya itu menjadi yang paling banyak. Ada beberapa di Makassar, tapi jumlahnya sedikit," jelas Bob.

Masyarakat yang ingin melakukan pengaduan ihwal tarif listrik yang melonjak dapat mendatangi kantor cabang PLN yang ada di wilayah mereka. Pelayanan pelanggan juga dibuka melalui call center di 123 dan melalui media sosial milik PLN. Akses tersebut, kata Bob, dibuka seluasnya agar masyarakat dapat menyampaikan persoalan kelistrikan yang mereka hadapi.

Lebih jauh, Bob mengatakan, sejatinya sama sekali tidak ada penaikan tarif listrik yang dilakukan pemerintah selaku regulator maupun PLN sebagai operator. Tingginya tagihan listrik belakangan ini murni didasari penggunaan listrik yang meningkat sejalan dengan penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). "Harus dipahami juga, yang kita tagihkan itu murni dari pemakaian pelanggan.

Kenaikan itu murni karena covid-19," pungkas Bob. Sebelumnya, Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Hendra Iswahyudi menegaskan tarif tenaga listrik tidak naik dari 2017 hingga September 2020 nanti. Pemerintah telah meminta PT PLN untuk dapat menjelaskan kepada masyarakat bahwa tidak ada penaikan tarif listrik. "Penyelesaian pengaduan tersebut agar diselesaikan PLN dengan melibatkan Yayasan Konsumen Listrik Indonesia (YLKI) dan Ombudsman RI," ujarnya. (Mir/Ant/E-3)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Indonesia di Jurang Resesi, Banggar DPR: Jangan Seperti Anies

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 22 September 2020, 19:15 WIB
Dengan diberlakukannya PSBB di Jakarta oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, berpotensi akan kembali memberi tekanan pada ekonomi di...
MI/Ramdani

Kadin : 80% Perusahaan Alami Penurunan Pendapatan Akibat Pandemi

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 22 September 2020, 18:47 WIB
"8 dari 10 perusahaan di Indonesia mengalami penurunan pendapatan. Hal ini berimbas pada persoalan ketenagakerjaan, mengecilnya...
DOK KEMENTAN

Kementan Antisipasi Jaga Produktivitas Perkebunan

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 22 September 2020, 16:49 WIB
Mentan SYL terus mendorong dan memacu jajarannya untuk lebih giat dan sigap dalam penerapan teknologi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya