Kamis 11 Juni 2020, 05:00 WIB

Daerah Terus Tekan Penyebaran

Faishol Taselan | Nusantara
Daerah Terus Tekan Penyebaran

MI/Heri Susetyo
Kampung tangguh merupakan pengendalian covid-19 berbasis kampung, dari tingkat RT, RW, hingga desa.

 

BERBAGAI upaya untuk memutus penyebaran virus korona baru atau covid-19 terus dilakukan di Tanah Air. Demikian juga dengan daerah yang kini angka penyebarannya tinggi, yakni Jawa Timur, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Selatan.

Di Provinsi Jawa Timur (Jatim), upaya mengendalikan penyebaran covid-19 salah satunya dilakukan melalui model kampung tangguh yang di setiap daerah namanya berbeda-beda. Di Surabaya dinamakan Kampung Wani Jogo dan di Kabupaten Tulung­agung bernama Kampung Semeru.

Kampung tangguh merupakan pengendalian covid-19 berbasis kampung, dari tingkat RT, RW, hingga desa. Support, edukasi, dan isolasi itu sudah diaplikasikan menjadi kampung tangguh.

“Kampung tangguh merupakan role model yang bisa di­aplikasi di mana saja. Ini menjadi kekuatan yang besar bagi kita untuk bersama-sama membangun komitmen menghentikan penyebaran covid-19,” kata Ketua Gugus Tugas Kuratif Covid-19 Provinsi Jatim, Joni Wahyuhadi, di Surabaya, kemarin.

Ia menjelaskan kampung tangguh mulai membuat penyebaran covid-19 melandai. Intervensi berbasis komunitas melalui Kampung Tangguh Wani Jogo di Surabaya maupun Kampung Tangguh Semeru di Tulungagung terbukti efektif mengendalikan covid-19.

“Intervensi kampung tangguh di Surabaya Raya berdampak pada melandainya kasus positif pasien dalam pegawasan (PDP) dan orang dalam pemantauan (ODP),” ujarnya.

Joni menyebut sejumlah kampung tangguh di Surabaya yang berhasil menurunkan penyebaran, antara lain Kampung Tangguh Wani Jogo Wonokromo, Pakis Sa­wahan, Rangkah Tambaksari, Manukan Kulon Tandes, Kedung Baruk Rungkut, dan Jajar Tunggal Wiyung. Adapun di Kabupaten Gresik terdapat kampung tangguh di Desa Bringkang, Petiken, dan Desa Kepuh Klagen.

Demikian halnya di Kabupaten Sidoarjo, yang berhasil antara lain Desa Kepuh Kiriman Waru, Desa Kedung­rejo Waru, dan Desa Wage Taman.

Tingkatkan pemeriksaan

Sejumlah upaya juga dilakukan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). Selain memberikan edukasi terus-menerus kepada masyarakat, pemerintah daerah juga melakukan contact tracing secara aktif untuk menemukan orang-orang yang menularkan, termasuk orang tanpa gejala (OTG) dan ODP.

“Kami melakukan tes PCR maupun rapid test. Kami sungguh bersyukur mampu meningkatkan tes di kabupaten dan kota dari 350 spesimen per hari menjadi 800 per hari,” ujar Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah.

Di sisi lain, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) terus berupaya meningkatkan kapasitas layanan pemeriksaan spesimen covid-19 yang saat ini menumpuk di Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Kalsel di Kota Banjarbaru.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Korona Kalsel, Muslim, mengatakan bahwa sebelumnya kemampuan pemeriksaan spesimen di BBTKLPP hanya 100-150 per hari. Kini kapasitasnya meningkat menjadi 400 spesimen per hari setelah peralatan PCR ditambah. (LN/DY/HS/N-1)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

Bareskrim Selidiki Dugaan Cagub Sumbar Curi Start Kampanye

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Selasa 24 November 2020, 17:09 WIB
Pasangan calon gubernur Sumbar, Mulyadi-Ali Mukhni melakukan kampanye di luar jadwal melalui sebuah tayangan di program televisi nasional...
DOK USU

Dua Mengundurkan Diri, Empat Orang Ikuti Audisi Calon Rektor USU

👤Puji Santoso 🕔Selasa 24 November 2020, 17:06 WIB
Empat kandidat calon rektor akan memaparkan program kerja sesuai dengan visi dan misi USU apabila terpilih sebagai rektor USU periode...
DOK MI

Pemkab Sukabumi Serahkan Bantuan 1.315 Rapid Test Kit

👤Benny Bastiandy 🕔Selasa 24 November 2020, 16:54 WIB
Pelaksanaan Pilkada yang bersamaan pandemi covid-19, harus memberikan rasa aman dan nyaman. Tak hanya bagi penyelenggara, tapi juga kepada...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya