Selasa 09 Juni 2020, 14:00 WIB

Sekolah di Bandung Barat Dibuka Januari 2021

Depi Gunawan | Nusantara
Sekolah di Bandung Barat Dibuka Januari 2021

Antara
Siswa sedang belajar di rumah saat wabah Covid-19.

 

KEGIATAN belajar mengajar (KBM) tatap muka di Bandung Barat mengikuti keputusan Pemprov Jawa Barat. Dijadwalkan kembali dibuka pada Januari 2021.

"Kita mengikuti lah, dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bagaimana, terus gubernur bagaimana. Kalau statement gubernur kemarin akan dimulai Januari, kami setuju," kata Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna, Selasa (9/6).

Jika aktivitas sekolah dibuka sekarang, Bupati kawatir, anak-anak rentan tertular virus korona sebab mereka masih belum bisa menahan diri untuk menjaga jarak dan berdisiplin saat kondisi new normal.

"Kalau sekarang, anak-anak itu gak terpikir, nanti malah dari mereka menyebarnya. Misalkan karena sudah lama gak ketemu, kangen-kangenan, cipika-cipiki dan sebagainya, tidak tahu juga nanti ada penularan,"
dalihnya.

Baca Juga: Lestari Moerdijat: KBM di Sekolah Harus Betul-Betul Siap

Oleh karena itu, bupati mendukung kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) serta gubernur yang akan menunda kegiatan sekolah hingga akhir 2020.

"Sekarang kan sudah ada teknologi, jadi istilahnya bersekolah tetap masih bisa, tapi tidak harus di sekolah. Kalau sekolah sekarang dibuka, saya tidak setuju karena ini bahaya juga, mereka datang ke pedagang, pedagangnya
bagaimana, kan bahaya," jelasnya.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memastikan sektor pendidikan belum akan pulih atau kembali ke sekolah dalam waktu dekat. Menurut dia, wacana yang mengemuka bahwa sekolah akan kembali dibuka Januari tahun depan untuk meminimalisasi penyebaran covid-19.

"Untuk pendidikan saya sampaikan belum dibuka sekarang, masih dibahas, wacana yang mengemuka nanti Januari 2021 itu yang paling bisa kita perhitungkan. Kita butuh waktu dan tidak boleh mengorbankan anak-anak," terang Ridwan Kamil. (OL-13)

Baca Juga

MI/Djoko Sardjono

Pengungsi Merapi masih Bertahan

👤Djoko Sardjono 🕔Kamis 26 November 2020, 08:28 WIB
Sebanyak 375 pengungsi erupsi Gunung Merapi masih bertahan barak Balai Desa Balerante dan Balai Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang,...
MI/Supardji Rasban

Hasil Tracking, Pejabat Brebes Positif Covid-19 Bertambah

👤Supardji Rasban 🕔Kamis 26 November 2020, 07:12 WIB
Hasil tracking pejabat di lingkungan Pemkab Brebes terkonfirmasi positif covid-19 usai tour Bromo-Malang, bertambah dari 10 orang...
MI/Tosiani

Membuat Hantaran Jadi Peluang Bisnis Baru di Temanggung

👤Tosiani 🕔Kamis 26 November 2020, 06:47 WIB
Di tengah lesu bisnis di Kabupaten Temanggung akibat covid-19, kini para pelaku UMKM menggeluti bisnis membuat hantaran untuk...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya