Senin 08 Juni 2020, 08:04 WIB

Pemprov DKI Masih Lakukan Pengecekan SIKM

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Pemprov DKI Masih Lakukan Pengecekan SIKM

MI/Andri Widiyanto
Petugas memeriksa surat tugas dan surat izin keluar masuk (SIKM) saat penyekatan arus balik Lebaran di Km 47 Tol Jakarta-Cikampek

 

KEPALA Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menegaskan pihaknya masih melakukan pengecekan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM). Meski, penyekatan arus mudik di sejumlah ruas jalan tol sudah berakhir Minggu (7/6).

"SIKM tentu tetap sama, karena pada masa transisi ini, kita masih berada dalam kerangka pelaksanaan PSBB yang menjadi satu kesatuan di dalamnya. Artinya, kita belum selesai dengan penyelesaian pandemi covid-19," jelas Syafrin saat dihubungi, Minggu (7/6).

Syafrin menjelaskan, pengecekan SIKM yang tadinya ada di sebelas ruas jalan batas administrasi Jabodetabek dengan luar Jabodetabek, mulai hari ini dilakukan di batas administrasi Jakarta dengan Jabodetabek.

"Jadi sudah ada 36 titik check point, mulai hari ini diaktivasi melaksanakan pemeriksaan," kata Syafrin.

Baca juga: Warga Diimbau Urus SIKM Sebelum Beli Tiket Angkutan

Menurutnya, pengecekan SIKM itu masih penting dalam pengendalian pergerakan keluar masuk Jakarta. Perizinan SIKM hanya diberikan kepada orang, pelaku usaha, atau orang asing bertugas pada 11 sektor yang diizinkan beroperasi selama pelaksanaan PSBB.

SIKM juga dapat diberikan kerena keperluan yang bersifat mendesak seperti orang sakit yang ingin berobat di luar Jabodetabek.

"Tetap perlu pengendalian pergerakan. Apalagi sekarang sudah ada beberapa daerah di luar Jabodetabek yang menjadi episentrum covid-19. Ini tentu perlu diwaspadai. SIKM ini menjadi salah satu instrumen, satu-satunya instrumen untuk Jakarta mengendalikan pergerakan dari luar Jakarta," pungkasnya.(OL-5)

Baca Juga

Medcom

Polisi Buru Sopir Trans-Jakarta Penabrak Motor di Jaktim

👤Siti Yona Hukmana 🕔Kamis 26 November 2020, 08:56 WIB
PT Transportasi Jakarta (Trans-Jakarta) belum buka suara terkait peristiwa ini. Sejatinya, perusahaan mengetahui seluruh pengemudi bus...
MI/ANDRI WIDIYANTO

Wagub DKI Sambut Positif FGD KPID

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Kamis 26 November 2020, 06:43 WIB
Ariza menyampaikan, digitalisasi penyiaran menjadi sebuah keniscayaan dan dianggap sebagai solusi untuk mengatasi keterbatasan dan tidak...
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/wsj.

Bansos Diperpanjang hingga 2021

👤(Put/J-2) 🕔Kamis 26 November 2020, 02:15 WIB
PEMBERIAN bantuan sosial kepada keluarga yang terdampak pandemi covid-19 akan diperpanjang hingga ta hun...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya