Minggu 07 Juni 2020, 10:15 WIB

Pengemudi Ojol Bisa Tolak Penumpang yang tidak Pakai Masker

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Pengemudi Ojol Bisa Tolak Penumpang yang tidak Pakai Masker

MI/PANCA SYURKANI
Ojek Online.

 

PENGEMUDI ojek online (ojol) diperbolehkan membawa penumpang kembali oleh Pemerintah provinsi (Pemprov) DKI Jakarta selama pembatasan sosial berskala besar (PSBB) masa transisi.

Namun, menurut Ketua Presidium Nasional Gabungan Aksi Roda Dua (Garda) Indonesia, Igun Wicaksono, apabila ada penumpang yang bandel tidak memakai masker, pemgemudi ojol bisa menolak pemesanan itu.

Baca juga: Anies Ajak Dukung Jokowi, Rian Ernest: Public Speaking Luar Biasa

"Daripada resiko kena Covid-19 karena membawa penumpang yang tidak patuhi protokol, lebih baik kita tolak. Kita pastinya punya hak menolak kalau ada penumpang yang tidak pakai masker atau terlihat sakit," jelas Igun kepada Media Indonesia, Jakarta, Minggu (7/6).

Antisipasi itu, kata Igun, harus berani dilakukan para pengemudi ojol. Di Jakarta sendiri kasus Covid-19 masih mengintai warga. Igun juga mengatakan, jika ada ancaman dari penumpang untuk disuspend akun pengemudi ojol yang menolak pemesanan itu, maka bisa dilaporkan ke pengelola layanan ojek daring itu.

"Kami bisa laporkan ke pihak perusahaan aplikasi, bilang kami terpaksa tolak dengan alasan penumpang itu tidak patuhi protokol kesehatan dengan tidak menggunkan masker," kata Igun.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melonggarkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) sekaligus masa transisi covid-19 pada Jumat, 5 Juni 2020. Ojek online (ojol) bisa beroperasi kembali.

"(Ojek) motor boleh angkut penumpang mulai 8 Juni," ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo saat dikonfirmasi, Kamis, (4/6). (OL-6)

Baca Juga

Antara

John Kei Ingin Minta Perlindungan Jokowi dan Kapolri

👤Siti Yona Hukmana 🕔Selasa 07 Juli 2020, 01:45 WIB
Ia berkukuh kliennya tidak terlibat dalam rencana pembunuhan terhadap pamannya Nus...
ANTARA/Fakhri Hermansyah

John Kei Jadi Aktor Intelektual Rencana Pembunuhan Nus Kei

👤Antara 🕔Selasa 07 Juli 2020, 00:20 WIB
Menurut Calvijn, peran ketiga aktor intelektual dalam rangkaian kasus John Kei terkuak dalam rekonstruksi yang digelar di kediaman...
Antara

John Kei Modali Anak Buahnya Rp10 Juta untuk Bunuh Pamannya

👤Siti Yona Hukmana 🕔Selasa 07 Juli 2020, 00:08 WIB
"John Kei datang dan mengatakan 'besok berangkat tabrak dan hajar rumah Nus Kei, ambil Nus Kei dalam keadaan hidup atau...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya