Minggu 07 Juni 2020, 10:00 WIB

80 Mal di Jakarta Buka Kembali Pada 15 Juni, Pembayaraan Cashless

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
80 Mal di Jakarta Buka Kembali Pada 15 Juni, Pembayaraan Cashless

ANTARA
Petugas bermasker dan berpelindung wajah membersihkan lantai di Mal Central Park, Jakarta, Rabu (3/6/2020).

 

KETUA Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta Ellen Hidayat menyatakan semua mal di Ibu kota buka kembali pada Senin (15/6). Hal itu mengingat adanya pelonggaran aktivitas bertahap selama pembatasan sosial berskala besar (PSBB) masa transisi.

"Semua mal berencana buka, karena semua sudah siap. Total di DKI ada 80 mal yang jadi anggota APPBI," ujar Ellen saat dikonfirmasi, Jakarta, Minggu (7/6).

Baca juga: Tempat Wisata Mulai Dibuka Kembali

Rencana peembukaan semua mal di Jakarta itu, kata Ellen, sesuai surat edaran dari Menteri Kesehatan dan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) serta terbitnya Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor 51 Tahun 2020 tentang pelaksanaan PSBB Masa Transisi.

"Dari koordinasi yang kami terima dari pihak Pemprov, maka bulan Juni yang ditetapkan sebagai masa transisi tahap satu berdasarkan beberapa kajian yang tentu sudah diperhitungkan secara matang oleh pemerintah," jelas Ellen.

Pusat belanja di DKI yang masih diminta buka untuk antara lain di bidang bahan pangan, farmasi dan juga food and beverage untuk delivery atau take away. Ellen juga mengatakan, pada umumnya sebagian besar mal hanya akan buka dari jam 11.00 WIB – 20.00 WIB.

Adapun pihak mal harus menetapkan protokol kesehatan. Seperti adanya pemeriksaan suhu karyawan dan pengunjung. Lalu pemakaian masker serta face shield bagi semua karyawan tenant maupun karyawan mal. Pengunjung hanya 50%.

Pihak mal harus menyediakan hand sanitizer atau juga washtafel. Ada pengaturan jarak sejak pengunjung masuk ke mal baik dari kapasitas lift sampai eskalator yang juga diberikan tanda untuk berjarak.

"Antrean kasir juga perlu dijaga. Pembayaran juga harus memakai cashless untuk meminimalisir perpindahan fisik uang sebagai media penyebaran virus," kata Ellen. (OL-6)

Baca Juga

Antara

John Kei Ingin Minta Perlindungan Jokowi dan Kapolri

👤Siti Yona Hukmana 🕔Selasa 07 Juli 2020, 01:45 WIB
Ia berkukuh kliennya tidak terlibat dalam rencana pembunuhan terhadap pamannya Nus...
ANTARA/Fakhri Hermansyah

John Kei Jadi Aktor Intelektual Rencana Pembunuhan Nus Kei

👤Antara 🕔Selasa 07 Juli 2020, 00:20 WIB
Menurut Calvijn, peran ketiga aktor intelektual dalam rangkaian kasus John Kei terkuak dalam rekonstruksi yang digelar di kediaman...
Antara

John Kei Modali Anak Buahnya Rp10 Juta untuk Bunuh Pamannya

👤Siti Yona Hukmana 🕔Selasa 07 Juli 2020, 00:08 WIB
"John Kei datang dan mengatakan 'besok berangkat tabrak dan hajar rumah Nus Kei, ambil Nus Kei dalam keadaan hidup atau...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya