Minggu 07 Juni 2020, 06:55 WIB

Cokelat Persembahan bagi Garda Terdepan Covid-19

(Bus/M-1) | Weekend
Cokelat Persembahan bagi Garda Terdepan Covid-19

MI/SUMARYANTO BRONTO

HINGGA kini, lagu Bendera yang dirilis grup musik Cokelat pada 2001 masih menjadi lagu favorit di berbagai acara 17-an atau acara perayaan nasional lainnya. Berkat lagu itu pula band yang berdiri pada 1996 ini dikenal sebagai salah satu band yang punya rasa nasionalis tinggi.

"Saya selalu mendengar lagu-lagu nasional saat masih sekolah dulu. Karya-karya tersebut membuat kami tahu seperti apa perjuangan negara ini memperoleh kemerdekaannya. Kami cinta Indonesia sehingga kami juga punya kewajiban untuk membangun bangsa ini dengan bidang yang kami geluti, yaitu musik.

Dengan membawakan ulang lagu-lagu nasional, kami ingin mengajak para pendengar memiliki semangat persatuan dan kesatuan," ungkap gitaris Cokelat Edwin Marshal Syarif saat hadir sebagai narasumber di acara Kick Andy.

Kini, di masa pandemi covid-19, Cokelat mengaransemen ulang lagu Bagimu Negeri karya Kusbini. Aransemen baru ini mereka persembahkan untuk para tim medis yang berdiri di garis terdepan Indonesia dalam menghadapi pandemi covid-19.

"Kami mengaransemen lagu Bagimu Negeri, pemicunya adalah keprihatinan kami terhadap tim medis. Mereka harus berjam-jam bekerja dengan mengenakan APD lengkap, terusir dari kontrakan karena dianggap membawa virus, bahkan tak sedikit yang meregang nyawa akibat wabah korona ini. Terharu dengan kerja keras tim medis, kami bawakan lagu Bagimu Negeri untuk memberikan semangat kepada tim medis," papar bassist Cokelat, Febrianto Nugroho Surjono atau akrab disapa Ronny.

Lebih lanjut, Edwin mengungkapkan lagu karya Kusbini itu memiliki makna yang mendalam untuk masyarakat Indonesia yang sedang berada dalam situasi krisis. Lagu tersebut juga dinilai selaras dengan perjuangan tim medis yang sedang menunaikan baktinya pada negeri.

Melalui aransemen ulang lagu Bagimu Negeri itu, Cokelat ingin mengobarkan kembali semangat persatuan dan kesatuan masyarakat Indonesia untuk tetap berjuang di tengah pandemi. Untuk menyukseskan misi kemanusiaan tersebut, Cokelat mengajak sejumlah seniman lintas media berkolaborasi membawakan lagu Bagimu Negeri. Proyek kolaborasi ini juga menjadi jalan penggalangan donasi melalui platform kitabisa.com. "Kami tahu kalau di garda terdepan sana, tim medis kita membutuhkan logistik untuk menangani pandemi ini.

Yang selain langka, juga biaya pengadaannya cukup mahal ya, itu yang membuat kami tergerak untuk melakukan aksi penggalangan dana ini karena hanya itu yang bisa kami lakukan, kami tak mau hanya tinggal diam saja," ungkap Edwin. Donasi yang terkumpul akan digunakan untuk membeli kebutuhan APD yang layak yang akan disalurkan kepada tenaga medis di seluruh wilayah Indonesia. (Bus/M-1)

Baca Juga

Unsplash/Leo Rivas

Pelihara Anjing Ternyata Banyak Manfaatnya untuk si Kecil

👤Irana Shalindra 🕔Senin 06 Juli 2020, 21:05 WIB
Bahkan, mereka yang suka ikut berjalan-jalan bersama anjing peliharaan keluarga dapat memperoleh manfaat lebih...
Dok. Film Empu

Film Empu Menang di Festival Film di Houston

👤Bintang Krisanti 🕔Senin 06 Juli 2020, 17:35 WIB
Film yang menceritakan perjuangan tiga sosok perempuan desa ini menang di kategori Narrative Features di Houston Asian American Pacific...
dok. DigiCon 6 Asia

Submisi Film Pendek DigiCon6 Asia Sudah Dibuka

👤Fathurrozak 🕔Senin 06 Juli 2020, 16:35 WIB
Pengiriman karya ke gelaran tahun ke-22 ini dibuka hingga 5 Agustus...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya