Minggu 07 Juni 2020, 09:30 WIB

Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Keju bagi Kesehatan

Astri Novaria | Humaniora
Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Keju bagi Kesehatan

MI/PANCA SYURKANI
Keju.

 

SEBAGAI salah satu makanan tertua di dunia, keju tidak hanya menawarkan kelezatan tapi juga memberikan banyak manfaat bagi tubuh.

Terdapat dua macam keju yang dapat Anda temukan di pasaran yakni keju segar dan keju olahan. Keju olahan sering hanya menggunakan beberapa persen keju dan ditambah dengan pewarna, perasan serta bahan pengawet.

Baca juga: Rambut Beruban bisa Kembali ke Warna Asli, asalkan...

Sementara itu, keju terbuat dari 100% susu sapi segar dan tidak menggunakan pewarna, bahan kimia dan bahan pengawet karena terbuat dari susu sapi segar, keju pun memiliki manfaat yang sama dengan susu.

Beberapa manfaat keju di antaranya mencegah osteoporosis, menurunkan tekanan darah hingga memperkuat imun, berikut adalah pemaparannya menurut keterangan resmi Greenfields, dikutip Minggu (7/6).

1. Mencegah osteoporosis

Sebagai makanan yang terbuat dari susu, keju mengandung protein, kalsium, dan vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang. Osteoporosis adalah salah satu penyakit yang sangat umum dan dapat dicegah dengan meningkatkan konsumsi kalsium dan protein, yang dapat ditemukan di dalam keju.

2. Kesehatan gigi

Sebuah studi membuktikan bahwa mengonsumsi keju dapat membantu mencegah gigi berlubang. Di dalam keju terdapat kandungan yang melindungi gigi dari asam atau penyebab lubang pada gigi. Mengonsumsi keju dapat membantu memperkuat gigi dan mencegah masalah gigi lainnya.

3. Mengandung vitamin B12 yang tinggi

Vitamin B-12 adalah vitamin terbesar dan paling rumit yang membantu produksi sel darah merah, protein dan DNA serta baik untuk kesehatan mental dan saraf.

Vitamin B12 hanya dapat ditemukan pada produk hewani atau suplemen. Mengonsumsi keju dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin B12 karena keju mengandung 10-39 dan kebutuhan vitamin B12 harian.

4. Menurunkan tekanan darah

Studi telah membuktikan bahwa mengonsumsi makanan yang tinggi dengan kalsium, seperti keju dapat menurunkan tekanan darah dan membantu mencegah hipertensi. Perlu diingat bahwa selain mengonsumsi kalsium, konsumsi sodium juga harus dibatasi.

5. Memperkuat sistem imun

Keju yang diperkaya dengan probiotik dapat memperkuat sistem imun tubuh dan mencegah penyakit seperti immunosenescence, yang menyerang daya tahan tubuh. Di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, penting bagi Anda untuk bisa tetap memiliki daya tahan tubuh yang kuat dan salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi keju. (Ant/OL-6)
 

Baca Juga

ANTARA

UTBK 2020 Diterpa Isu Kebocoran Soal

👤Syarief Oebaidillah 🕔Selasa 07 Juli 2020, 03:15 WIB
MEMASUKI hari kedua pelaksanaan ujian tulis berbasis komputer (UTBK) seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri...
Antara Foto

Penambangan Batu Gamping di Kawasan Karst Rusak Air Tanah

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Selasa 07 Juli 2020, 00:22 WIB
Karena dampaknya yang buruk terhadap kuantitas dan kualitas air tanah, maka KBAK merupakan kawasan yang harus dilindungi termasuk dari...
Dok. Pribadi

Kemendikbud Ingatkan Protokol Kesehatan UTBK SBMPTN Jangan Kendor

👤Syarief Obaidillah 🕔Senin 06 Juli 2020, 23:21 WIB
Protokol kesehatan dalam pelaksanaan UTBK SBMPTN di kampusnya dilakukan dengan ketat dengan meminta peserta menggunakan masker, mencuci...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya