Minggu 07 Juni 2020, 05:09 WIB

Peran Nyata Warga Memerangi Korona

Heri Susetyo | Humaniora
Peran Nyata Warga Memerangi Korona

Medcom.id/ Syaikhul Hadi
Pemberitahuan kawasan zona merah di Desa Waru, Sidorajo

 

PARTISIPASI masyarakat dalam memerangi virus covid-19 amatlah berarti. Partisipasi itu pula yang ditunjukkan warga di banyak wilayah sebagai bagian dari upaya bersama untuk memutus rantai penyebaran korona.

Di Sidoarjo, Jawa Timur, misalnya, warga aktif berperan dalam Kampung Tangguh. Salah satunya di RW 12 Desa Waru, Kecamatan Waru. Di sini warga menunjukkan kepeduliannya dengan aktif mengingatkan yang lain untuk mematuhi protokol kesehatan. “Kami saling menjaga, saling membantu, dan saling mengingatkan untuk menjalankan protokol kesehatan,” kata Ketua RW 12, Mujiono, kemarin.

Di wilayah itu, ada ratusan orang yang menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing. Warga dibantu relawan pun saling mengawasi agar mereka tidak keluar rumah. Selama isolasi, kebutuhan mereka sudah disediakan di pos pantau.

Pemerintah Kabupaten Si doarjo memperkuat Kampung Tangguh untuk memutus penyebaran covid-19, terutama di wilayah zona merah. Kampung Tangguh juga diharapkan bisa meningkatkan kesadaran dan pemahaman warga saat menghadapi tatanan new normal.

Saat ini ada 67 Kampung Tangguh di Sidoarjo. Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin, menyatakan dibutuhkan kebersamaan dalam menangani korona.

“Melalui Kampung Tangguh akan memperkuat promotif, preventif, dan kuratif penanganan covid-19. Selain itu, masalah dampak sosial dari pandemi covid-19 dapat terselesaikan oleh desa atau kelurahan itu sendiri,’’
ucapnya.

Upaya serupa dilakukan masyarakat Jawa Tengah melalui gerakan Jogo Tonggo atau ‘menjaga tetangga’. Salah satunya di Desa Banjaranyar, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes.

Desa Banjaranyar dipilih sebagai tempat pencanangan gerakan Jogo Tonggo Kabupaten Brebes lantaran termasuk kawasan zona hijau. Padahal, desa yang terletak di dekat pintu Tol Brebes Timur itu terbilang ramai.

Kepala Desa Banjaranyar, Sarifin, merasa senang desanya terpilih sebagai tempat pencanangan Jogo Tonggo. Pihaknya juga sudah jauh-jauh hari membentuk satgas pencegahan covid-19 yang melibatkan warga. Salah satu warga, Asmawi, pun menuturkan sebelum ada pencanangan gerakan Jogo Tonggo, desanya sudah menerapkan protokol kesehatan.

Gerakan Jogo Tonggo juga punya andil besar dalam melindungi dua kecamatan di Kebumen, yakni Kecamatan Padureso dan Poncowarno dari serangan korona. Kecamatan Padureso bahkan tidak punya kasus, sedang kan Poncowarno kini berstatus zona hijau.

Siskamling

Di Kabupaten Badung, Bali, warga terlibat dalam pencegahan covid-19 lewat siskamling di setiap banjar atau dusun. Di Banjar Campuhan Asri Kangin, masyarakat melakukan siskamling setiap hari secara berkelompok dan bergiliran. Mereka berhak menghentikan dan menanyakan tujuan orang-orang tertentu yang masuk ke wilayah banjar pada jam-jam penjagaan.

“Kalau ada ojek online masuk hendak mengantarkan pesanan warga, kami suruh menunggu di posko dan panggil si pemesan untuk menjemputnya,” terang Kelian Banjar Adat Campuan Asri Kangin, Ida Bagus Suta Negara.

Posko Pantau Covid-19 Campuhan Asri Kangin juga menggelar razia wajib masker di pintupintu masuk wilayah banjar pada sore hari. Yang tidak menggunakan masker langsung disuruh putar balik. Kini hampir tak ada warga yang tanpa masker saat keluar rumah.

Di Sumenep, Jawa Timur, Komunitas GusDurian bersama Humanity for All Sumenep menggencarkan kampanye penggunaan masker dan sikap saling jaga antarwarga untuk menuju tatanan kenormalan baru menghadapi covid-19.

Gerakan warga untuk ikut memerangi virus korona juga terus ditumbuhkan di Ibu Kota. Kampung Merdeka Covid-19 yang berlokasi di RW 05, Tanjung Duren Utara, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, kemarin diresmikan oleh Wali Kota Jakarta Barat Rustam Effendi, Kapolres Jakarta Barat Kombes Audie S Latuheru, dan Dandim 0503 Kolonel Kav Valian Wicaksono.

Dipilihnya RW 05 Tanjung Duren Utara sebagai Kampung Merdeka lantaran sudah bebas dari korona dan telah menerapkan protokol kesehatan. Rustam berharap wilayah lain mencontohnya. (Ykb/Sru/JI/LD/RS/MG/X-8)

Baca Juga

ANTARA/Asrun

8 Desa di Konawe Utara Terendam Banjir

👤Ferdian Ananda 🕔Minggu 12 Juli 2020, 05:20 WIB
Banjir setinggi 70-80 centimeter merendam delapan desa di lima kecamatan di Konawe Utara, Sulawesi...
Medcom.id

Masyarakat Butuh Program Kartu Prakerja

👤M Iqbal Al Machmudi 🕔Minggu 12 Juli 2020, 04:17 WIB
Pelaksanaan program kartu prakerja perlu memprioritaskan korban PHK atau pegawai yang...
Instagram @dindahw

Dinda Hauw-Rey Mbayang Mantapkan Hati untuk Menikah

👤MI 🕔Minggu 12 Juli 2020, 04:10 WIB
KABAR bahagia datang dari aktris Dinda Hauw, 23, dan penyanyi Rey Mbayang, 21, yang resmi menjadi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya