Sabtu 06 Juni 2020, 21:10 WIB

Dua Oknum Sindikat Narkoba Timur-Tengah Ditangkap

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Megapolitan
Dua Oknum Sindikat Narkoba Timur-Tengah Ditangkap

MI/ Amir MR
ILustrasi sindikat narkoba.

 

SATUAN Tugas Khusus Merah Putih dan Mabes Polri kembali mengamankan dua oknum yang diduga termasuk dalam sindikat jaringan pengedar narkoba Timur-Tengah di Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (6/6).

Kasatgasus Brigjen Ferdy Sambo mengatakan pihaknya kembali mengamankan dua pelaku ketika timnya tengah melakukan pengembangan kasus.

“Dari hasil pengembangan, dua orang kembaki tertangkap, dengan rincian ada satu pelaku asal Iran dan satu warga sini,” ujar Ferdy kepada mediaindonesia.com, Sabtu (6/6).

Namun, Ferdy belum bisa menjelaskan secara rinci bagaimana keduanya diduga pelaku sindikat narkoba Timur-Tengah itu tertangkap. “Mungkin besok hasil pemeriksaan akan keluar,” tuturnya.

Ferdy menjelaskan, sindikat narkoba Timur-Tengah penyebarannya ada di seluruh Jawa. “Biasanya seluruh Jawa untuk penyebaran narkobanya. Jadi sejauh ini kita bisa tekan dan hindari tiga juta pemakai setelah menangkap oknum sindikat,” paparnya.

Ferdy pun menuturkan bahwa penyebaran narkoba ini model baru karena langsung dari Iran dan merupakan jaringan Timur Tengah. "Ini model baru karena dalam jaringan narkoba Timur-Tengah,” ucap Ferdy.

Sindikat narkoba Timur-Tengah, menurutnya telah hadir di Indonesia sejak enam bulan silam saat Polri menangkap pengedar di Banten.

“Sudah sekitar enam bulan lalu, saat ada oknum yang ditangkap di Banten. Selanjutnya ada di Surabaya ditangkap dan terakhir di Sukabumi,” ungkapnya.

Sebelumnya, Polri mengamankan 402 kg sabu usai menangkap pasangan suami istri (pasutri) yang diduga sindikat jaringan pengedar narkoba. Keduanya digerebek petugas gabungan di rumah kontrakannnya di Perumahan Taman Anggrek Jl. Miltonia D7 no.12 Desa Sukaraja, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi.

Selain menangkap pasutri YC, 43, dan istrinya, FA, 38, puluhan petugas gabungan Satuan Tugas Khusus Merah Putih dari Mabes Polri, dibantu personil Mapolda Metro Jaya dan Mapolres Sukabumi Kota juga menangkap empat orang lainnya yang masuk dalam sindikat yang sama. (OL-13)

Baca Juga

Antara

Tangkap Dua Kurir Narkoba, Polisi Sita 18 Paket Sabu

👤Tri Subarkah 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 21:55 WIB
Sabu yang disita berasal jaringan Aceh dan akan diedarkan di wilayah hukum Polda Metro...
Dok.MI

4 Pilot Konsumsi Sabu, Kemenhub Janji Tak Akan Intervensi

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 17:51 WIB
Penanganan terhadap dugaan penyalahgunaan narkoba oleh pilot adalah wewenang penuh pihak...
MI/ BARY FATHAHILAH

Dampak Covid-19, Kemiskinan di Depok Meningkat

👤Kisar Rajaguguk 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 16:40 WIB
Pandemi covid-19 menyebabkan problem besar di Kota Depok. Satu di antaranya ialah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya