Sabtu 06 Juni 2020, 18:55 WIB

Empat Perwira Penerbad Korban Helikopter Jatuh

Akhmad Safuan | Nusantara
Empat Perwira Penerbad Korban Helikopter Jatuh

Istimewa
Helikopter milik TNI AD jatuh di Kaliwungu, Kendal, Jateng, Sabtu (6/6). Empat perwira penerbad jadi korban.

 

SEBUAH Helikopter M17 dengan nomor registrasi HA 5141 milik kesatuan Peberbangan Angkatan Darat (Penerbad) jatuh di dekat Kawasan Industeri Kendal (KIK), Kaliwungu, Kabupaten Kendal Sabtu (6/6) siang, empat orang
meninggal dan lima lainnya luka.

Pemantauan mediaindonesia.com, Sabtu (6/6) hingga sore helikopter milik Penerbad yang jatuh dan terbakar di kawasan KIK di Kaliwungu, Kendal masih mejadi tontonan warga. Api dan asap yang membumbung tinggi dari helikopter naas tersebut menarik perhatian para pengendara yang melintas di Jalan Lingkar Kaliwungu.

Informasi yang fiterina menyebutkan empat penumpang helikopter merupakan perwira TNI AD yang meninggal Kapten Cpn Kadek, Kapten Cpn Fredi, KaptenCpn Y Hendro dan Lettu Cpn Wisnu, sedangkan lima personel yang luka Lettu
Cpn Vira Yudha, Praka Nanang, Praka Rofiq, Praka Supriyanto serta Praka Andi.

Beberapa saksi mata di lokasi kejadian menyebutkan, sebelum jatuh warga masih meligat gelikopter M17 tersebut terbang berputar-putar fi jawasan tersebut, tiba-tiba menukik dan jatuh dan menimbuljan benturan cukup keras dan muncul percikan api dari pesawat yang hancur.

"Saya kira helikopter itu akan mendarat, tapi ternyata jatuh dan saya mencoba lari mendekat," kata Pengawas Proyek Radikjaya Sarwono.

Dari dalam helikopter, lanjut Sarwono, ada sekitar sembilan orang, lima orang luka dan tiga orang meninggal dibawa keluar dari pesawat itu dengan menggunakan kantong mayat.

Saksi lain menyebutkan, setelah helikopter itu jatuh terligat para petugas yang datang ke lokasi kejadian berupaya memadamjan api srbelum mrngevakuasi para korban.

Setelah api mulai padam para penumpang yang luka dan meninggal dibawa ke RS Darul Istiqomah Kaliwungu, Kabupatrn Kendal menggunakan ambulan, namun belum dapat diketahui secara persis jumlah korban. "Saya hanya melihat dari jarak cukup jauh, tapi sepertinta jumlah penumpang sembilan orang," ungkapnya.

Humas Lanumad Ahmad Yani Kapten Farid mengatakan belum daoat memberikan keterangsn secara rinci karena masih berkonsentrasi dengan evakuasi para korban dan pesawat yang jatuh.

"Betul ada helikopter kami yang jatuh, kmi masih berpikir evakuasi dan belum bisa memberikan keterangan," ujarnya.

Kepala Polres Kendal Ajun Komisaris Besar (AKB) Ali Wardana mengatakan berdasarkan helikopter tersebut membawa sembilan penumpang, diketahui empat orang tewas dan lima orang lainnya luka dsn dibawa ke RSUD Soewondo Kendal.

"Lima orang yang mengalami luka dibawa ke RSUD Soewobdo Kendal untuk dilakukan pengobatan," ujarnya. (OL-13)

Baca Juga:

Baca Juga

MI/Vicky Gustiawan

Pemkab Brebes Hentikan Proses Belajar Mengajar Tatap Muka

👤Supardji Rasban 🕔Rabu 15 Juli 2020, 15:52 WIB
Penghentian uji coba KBM sudah dilakukan salah satu sekolah yang menjadi percontohan yakni SMP Negeri 2...
MI/Widjajadi

Pedagang Terinfeksi Covid-19, Pasar Ampel Ditutup 3 Hari

👤Widjajadi 🕔Rabu 15 Juli 2020, 15:30 WIB
Pemerintah Kabupaten Boyolali memutuskan menutup Pasar Ampel selama tiga hari, mulai Rabu (15/7)- Jumat (17/7). Pasar ditutup karena ada...
Antara

Unhas Sudah Prediksi sejak 2017 Banjir di Luwu Utara

👤Lina Herlina 🕔Rabu 15 Juli 2020, 15:25 WIB
BANJIR di Luwu Utara, yang menyebabkan korban jiwa, sudah diprediksi sejak 2017 oleh Pusat Studi Kebencanaan Universitas Hasanuddin (Unhas)...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya