Sabtu 06 Juni 2020, 17:29 WIB

Anggota Polri Ini Gerakkan Home Industry Buka Lapangan Kerja

Ghani Nurcahyadi | Megapolitan
Anggota Polri Ini Gerakkan Home Industry Buka Lapangan Kerja

Dok. Istimewa
Anggota Polri AKBP Ahmad Untung Sutriana mengawasi pelatihan home industry pembuatan kancing baju unik

 

DAMPAK pandemi Covid-19 membuat banyak tenaga kerja harus kehilangan pekerjaannya. Hal itu pun jadi perhatian salah satu perwira Polri, AKBP Ahmad Untung Surianata atau biasa disapa Untung Sangaji untuk membuka pelatihan home industry. 

Pelatihan yang dibuatnya ialah pelatihan membuat kancing baju unik dengan bahan limbah batok kelapa. Pelatihan skala home industry itu ia mulai di wilayah pesisir Jakarta mengingat banyak industri garmen yang membutuhkan kancing baju. 

"Pembuatan kancing baju unik dengan bahan baku limbah batok kelapa merupakan usaha home industri sebagai penopang pabrik-pabrik garmen yang tentunya juga membutuhkan berbagai jenis kancing," kata pria yang pernah menjabat Kepala Polres Aceh Utara itu dalam keterangan tertulisnya. 

Selain bagian dari upaya menyerap tenaga kerja, pelatihan skala home industry itu juga diharapkan bisa menurunkan tingkat kriminalitas di wilayah sekitar dan memberi sumbangan pada Pendapatan Asli Daerah (PAD) lewat suplai kancing ke industri garmen.

Baca juga :  Angkutan Umum tak Terapkan Protokol Kesehatan Didenda Rp500 Ribu

Selain pembuatan kancing baju unik, Untung yang pernah terlibat dalam penanganan bom Sarinah itu juga berencana membuka usaha lainnya skala industri rumahan, yaitu lewat bandeng presto. 

Untung yang pernah membina waria saat bertugas di Aceh itu mengaku, prihatin dengan banyaknya pengangguran di Indoensia, sehingga ia berusaha membuat usaha kecil-kecilan yang ikut melibatkan sejumlah pengangguran agar bisa mendapatkan keterampilan tambahan dan pendapatan. 

"Sebagai anggota Korps Bhayangkara, saya akan terus membangun bangsa dengan sekuat tenaga diberbagai sektor kehidupan sesuai dengan kemampuan," pungkasnya  (RO/OL-7) 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Berencana Rusuh, Polisi Periksa Delapan Pendemo Depan DPR

👤Yakub Pryatama 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 11:25 WIB
"Delapan orang ini yang ada unsur pidana di situ. Misalnya ada yang bawa bom molotov. Ada yang bawa...
Ilustrasi/Medcom.id/ Mohammad Rizal

Dua Pelaku Pengganjal Atm di Tambora Diringkus Polisi

👤Yakub Pryatama 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 11:10 WIB
Pelaku yang sedang mengantre di belakang korban kemudian berpura-pura ingin membantu korban, lalu mengecoh untuk menukar kartu atm milik...
MI/Moh Irfan

Kegiatan CFD di Jakarta Selatan Ditiadakan

👤Antara 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 09:37 WIB
Hasil evaluasi PSBB transisi di tingkat provinsi masih banyak ditemukan pelanggaran di kawasan khusus seperti membawa balita, masih ada...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya