Sabtu 06 Juni 2020, 15:00 WIB

Dishub DKI: Ruas Jalan Ganjil Genap di PSBB Transisi Berbeda

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Dishub DKI: Ruas Jalan Ganjil Genap di PSBB Transisi Berbeda

MI/PIUS ERLANGGA
Kepadatan arus lalu lintas terjadi pada sejumlah ruas jalan menjelang sore hari di Jalan Sudirman dan Jalan Gatot Subroto

 

PEMPROV DKI Jakarta akan menerapkan pembatasan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat dengan metode plat nomor ganjil genap pada masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi.

Kebijakan itu akan dilaksanakan secara bertahap dengan mengevaluasi terlebih dulu kondisi lalu linta selama sepekan berjalannya masa PSBB Transisi yang mulai berlaku pada 5 Juni.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menyebut ruas-ruas jalan yang diterapkan ganjil genap pada masa ini belum tentu sama dengan penerapan ganjil genap di aturan yang lama.

"Oh belum. Itu tentu akan ada perubahan karena situasi dan kondisi untuk penanganan covid-19 ini harus kita lihat satu wilayah Jakarta," kata Syafrin saat dihubungi Media Indonesia, Sabtu (6/6).

Baca juga: Motor pun Diatur Nopol Ganjil Genap saat Transisi PSBB

Pada aturan sebelum adanya wabah covid-19, ganjil genap berlaku di 25 ruas jalan. Kebijakan ini merupakan kebijaka perluasan karena sebelumnya ganjil genap hanya berlaku di 16 ruas jalan. Perluasan ganjil genap ini berlaku mulai 2 September 2019 lalu.

Namun, kebijakan ganjil genap total berhenti semenjak ada wabah covid-19. Tujuan penghentiannya untuk memudahkan mobilitas warga yang masih bekerja di 11 sektor yang dikecualikan selama PSBB karena adanya pembatasan kapasitas maksimum angkutan umum.

Selain mengenai ruas jalan yang masih dipertimbangkan, Syafrin juga menyebut akan mempertimbangkan penambahan moda transportasi umum di ruas-ruas jalan yang terkena ganjil genap.

"Kami akan lakukan evaluasi selama satu minggu pelaksanaan masa transisi PSBB ini menuju masyarakat sehat, aman, dan produktif. Itu kita lakukan kajian komprehensif tadi. Hasilnya seperti apa yah kita tunggu kajiannya itu," tegasnya.(A-2)

Baca Juga

MI/Andri Widiyanto

11 Hari Operasi Patuh Jaya, Polisi Tilang 13.165 Pengendara

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Senin 03 Agustus 2020, 18:58 WIB
Secara keseluruhan, Polri telah menindak 43.580 pengendara akibat melanggar aturan lalu lintas. Rinciannya, tilang sebanyak...
Antara/Fakhri Hermansyah

Dampak Gage, Angkutan Umum Makin Rentan jadi Klaster Covid-19

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Senin 03 Agustus 2020, 18:10 WIB
Sebelum pandemi ketika pemberlakuan ganjil-genap resmi diperluas ke 25 ruas jalan September 2019, terjadi peningkatan rata-rata penumpang...
Antara

Besok, Anita Kolopaking Diperiksa Sebagai Tersangka

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Senin 03 Agustus 2020, 17:59 WIB
Besok, sekitar pukul 09.00 WIB, pengacara Joko Tjandra yang telah menjadi tersangka, Anita Kolopaking, akan diperiksa Bareskrim...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya