Sabtu 06 Juni 2020, 14:45 WIB

Prancis: Kepala Al-Qaeda Terbunuh di Mali

Haufan Hasyim Salengke | Internasional
Prancis: Kepala Al-Qaeda Terbunuh di Mali

AFP/STR/AL ANDALUS
Prancis telah membunuh kepala al-Qaeda in Islamic Maghreb (AQIM), Abdelmalek Droukdel, kata kepala pertahanan Prancis, Jumat (5/6) malam.

 

PRANCIS telah membunuh kepala al-Qaeda in Islamic Maghreb (AQIM), Abdelmalek Droukdel, kata kepala pertahanan Prancis, Jumat (5/6) malam.

Angkatan bersenjata Prancis, bersama dengan mitranya, membunuh Droukdel dan anggota lingkaran dalamnya di Mali utara dalam operasi 3 Juni, kata Menteri Angkatan Bersenjata Florence Parly di Twitter.

Parly mengatakan Presiden Emmanuel Macron dan negara-negara G5 Sahel--Burkina Faso, Chad, Mali, Mauritania, dan Niger--bertekad untuk memerangi terorisme di kawasan.

Baca juga: Ilmuan: Hydroxychloroquine tidak Menyembuhkan Covid-19

Mali, salah satu negara termiskin di dunia, menderita akibat kehadiran beberapa kelompok militan, tempat pasukan penjaga perdamaian Prancis, Mali, dan PBB melakukan operasi kontraterorisme.

Ketegangan meletus di Mali pada 2012 setelah kudeta yang gagal dan pemberontakan Touareg yang pada akhirnya memungkinkan kelompok-kelompok militan yang terkait al-Qaeda untuk menguasai setengah bagian utara negara itu. Pada 2015, kesepakatan damai ditandatangani antara pemerintah dan kelompok-kelompok pemberontak.

Perselisihan politik dan masyarakat terus memicu ketegangan di Mali utara, sehingga merusak implementasi perjanjian damai. (AA/A-2)

Baca Juga

Ilustrasi

Departemen Pemilu Singapura dalami Dugaan Kecurangan

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Jumat 10 Juli 2020, 21:00 WIB
Departemen Pemilihan Umum (ELD) Singapura mengungkapkan, mengetahui adanya unggahan daring oleh seorang pemilih yang menyebutkan ada...
AFP/Ozan Koze

UNESCO Imbau Turki tak Ubah Museum Hagia Sophia jadi Masjid

👤Insi Nantika jelita 🕔Jumat 10 Juli 2020, 20:44 WIB
Hagia Sophia awalnya merupakan katedral kemudian menjadi masjid setelah penaklukan Istanbul. Lalu dicantumkan sebagai situs Warisan Dunia...
AFP

Kasus Covid-19 Melonjak, Hong Kong Kembali Tutup Sekolah

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Jumat 10 Juli 2020, 18:26 WIB
Terdapat 34 kasus baru covid-19 dengan transmisi lokal pada Kamis (10/7) waktu setempat. Mulai Senin depan, seluruh sekolah di Hong Kong...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya