Sabtu 06 Juni 2020, 11:25 WIB

Pemprov Sumsel Adakan 10.000 Rapid Test Drive Thru

Dwi Apriani | Nusantara
 Pemprov Sumsel Adakan 10.000 Rapid Test Drive Thru

MI/Dwi Apriani
Gubernur Sumatra Selatan Herman Deru menyatakan Sumsel siap menggelar rapid test covid-19 massal menjangkau 10.000 orang.

 

BERTAMBAHNYA kasus positif covid-19 di Sumatra Selatan membuat pemprov setempat harus melakukan langkah cepat penanganan penyebaran covid-19. Saat ini laporan Gugus Tugas Covid 19 Sumsel melaporkan ada 1.074 kasus positif covid-19, 265 orang di antaranya dinyatakan sembuh dan 38 orang meninggal dunia. Pemprov Sumatra Selatan merencanakan menggelar rapid tes massal, yang dilaksanakan dengan sistem drive thru. Tidak tanggung, Pemprov Sumsel sendiri akan menyiapkan 10.000 alat rapid test
yang sasarannya adalah masyarakat Sumsel.

"Semula kita rencanakan beberapa hari lagi, namun karena adanya isu 8 Juni akan menjadi puncak serangan covid-19, maka rapid test masal ini akan dilaksanakan setelah 8 Juni mendatang," ujar Gubernur Sumsel Herman Deru, Sabtu (6/6).

Ia mengatakan, rapid test ini akan digelar di sejumlah titik yang sudah direncanakan. Bukan hanya di pusat kota Palembang, melainkan juga di kabupaten/kota lain yang ada di Sumsel.

"Jadi masyarakat yang akan menjadi sasaran rapid ini tidak ditempatkan di satu lokasi, melainkan kita menentukan titik-titik lokasi tes. Dan masyarakat yang melintas harus menjalani rapid test," kata dia.

Langkah tersebut sebagai salah satu upaya pencegahan agar covid-19 ini tidak meluas lagi. Selain itu, Herman Deru mengklaim rapid test sebanyak 10.000 itu, sebagai konsistensi pemerintah, utamanya gugus tugas penanganan covid-19 Sumsel dalam mencegah dan menangani pandemi ini.

"Pemerintah tidak diam saja, kita lakukan berbagai upaya agar laju penyebaran covid-19 menurun. Selain rapid test, kita juga aktif dalam men-tracking orang sekitar atau keluarga yang sudah positif covid-19. Tujuannya agar penyebaran bisa diminimalisir dan gugus tugas bisa langsung menangani mereka yang sudah dinyatakan positif," jelasnya.

baca juga:Pasien Covid-19 di Kabupaten Jayapura Bertambah 14 Orang

Meski begitu, Herman Deru juga meminta agar masyarakat di Sumsel tidak cuek dengan penyebaran pandemi ini, ia mengharap agar masyarakat juga tetap disiplin dan mengikuti protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah.

"Saya minta agar protokol kesehatan tetap diterapkan di semua sektor, di semua tempat, dan kapanpun. Masyarakat Sumsel tetap harus selalu pakai masker diluar rumah, jaga jarak, dan cuci tangan dengan sabun secara rutin. Saya ingatkan bahwa protokol kesehatan sangat penting, karena ini menjadi cara dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19," pungkasnya. (OL-3)
 

Baca Juga

MI/CIKWAN

Babinsa Berdaya Lawan Candu Gim

👤Cikwan Suwandi/N-2 🕔Jumat 03 Juli 2020, 05:10 WIB
Hati Tarmudji pun tergugah. “Belajar di rumah di masa pandemi membuat anak-anak justru kecanduan main gim,” keluh Bintara...
MI/Lina Herlina

Media Group Alirkan Donasi Warga ke 9 Rumah Sakit

👤LN/N-2 🕔Jumat 03 Juli 2020, 05:00 WIB
Selain APD, bantuan juga diberikan dalam bentuk obat-obatan dan vitamin. Selain rumah sakit ini, ada sembilan rumah sakit lain di Sulawesi...
ANTARA

Cuaca Buruk Kembali Landa Perairan NTT

👤Palce Amalo 🕔Jumat 03 Juli 2020, 03:55 WIB
Gelombang tinggi dan angin kencang melanda wilayah NTT sejak dua hari terakhir. membuat perahu nelayan terutama di bawah 10 GT tidak bisa...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya