Sabtu 06 Juni 2020, 10:15 WIB

Kenya Siap untuk Pencabutan Pembatasan Covid-19 Secara Parsial

Haufan Hasyim Salengke | Internasional
Kenya Siap untuk Pencabutan Pembatasan Covid-19 Secara Parsial

AFP/GORDWIN ODHIAMBO
Seorang wanita berjalan melewati mural grafiti yang terkait covid-19 yang dilukis kelompok, art360, di Nairobi, Kenya, Selasa (2/6).

 

HARAPAN menggantung di langit Kenya ketika warga siap menjalani atau menikmati pelonggaran beberapa pembatasan yang diberlakukan untuk mengekang penyebaran covid-19.

Bisnis swasta, tempat ibadah, dan kantor pemerintah adalah di antara entitas yang bersiap untuk dimulainya kembali operasi setelah 6 Juni, hari ketika pembatasan berakhir.

Presiden Uhuru Kenyatta diperkirakan akan meninjau langkah-langkah tersebut. Kenyatta mengisyaratkan pemerintah akan melonggarkan beberapa pembatasan, mencatat lockdown dan jam malam tidak berkelanjutan dalam jangka panjang.

Dia mencatat setelah pembatasan sebagian dicabut, warga negara diharapkan tetap bertanggung jawab dengan mengenakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak sosial untuk mengekang penyebaran penyakit.

Baca juga: Panduan Baru WHO: Pakai Masker di Tempat Umum

Kenya memberlakukan penguncian sebagian di ibu kota, Nairobi, dan empat negara bagian lainnya sekitar 70 hari yang lalu dan memberlakukan jam malam di seluruh negeri, yang merupakan pembatasan yang dipuji karena memperlambat infeksi.

Tetapi itu telah memengaruhi kegiatan sekolah, gimnasium, bar dan hotel, antara lain, hingga 1,2 juta orang kehilangan pekerjaan, menurut Kementerian Tenaga Kerja Kenya.

Tempat ibadah juga melembagakan langkah-langkah untuk memungkinkan dimulainya kembali layanan. (Xinhua/A-2)

Baca Juga

AFP/OZAN KOS

Kekhawatiran yang Terbukti tentang Hagia Sophia

👤Usman Kansong/X-8 🕔Minggu 12 Juli 2020, 04:32 WIB
Kekhawatiran itu terbukti. Erdogan dalam pidato yang disiarkan ke seluruh negeri mengatakan salat Jumat pertama dilaksanakan di Hagia...
AFP/Niroj Chaoulagain

Banjir Bandang di Nepal Tewaskan 23 Orang

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 19:53 WIB
Hujan intensitas tinggi juga menyebabkan tanah longsor di sejumlah wilayah. Luapan Sungai Koshi semakin memperparah dampak banjir. Alhasil,...
AFP

PAP Menangi Pemilu Singapura dan Kembali Berkuasa

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 15:15 WIB
Partai Aksi Rakyat (PAP) yang berkuasa di Singapura berhasil mempertahankan kekuasaan dalam pemilihan umum, Jumat...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya