Sabtu 06 Juni 2020, 05:48 WIB

Prakondisi Pembukaan Sembilan Sektor di Zona Hijau

Ind/X-7 | Ekonomi
Prakondisi Pembukaan Sembilan Sektor di Zona Hijau

Antara
Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo

 

PEMBUKAAN sektor ekonomi dan penetapan 102 kabupaten/kota untuk program masyarakat produktif dan aman covid-19 telah dimulai. Namun, pelaksanaannya baru berlaku bagi daerah-daerah di zona hijau yang tidak terdapat kasus covid-19 sehingga dapat diberikan kewenangan untuk memulai prakondisi.

“Langkah kebijakan itu telah mendapatkan respons positif dan baik dari beberapa pimpinan daerah di 102 kabupaten/kota,” kata Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo, melalui keterangan resmi di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kamis (4/6) malam.

Para pimpinan di daerah, lanjutnya, juga telah mengupayakan persiapan dengan saksama, membangun komunikasi bersama semua kelompok dan komponen masyarakat, serta bergotong-royong sebelum menjalankan kegiatan masyarakat produktif dan aman covid-19.

Menurut Doni, pelaksanaan masyarakat produktif dan aman covid-19 harus terencana dengan menjalankan tahapan-tahapan, meliputi waktu yang tepat, sektor yang diprioritaskan, koordinasi yang ketat antara pusat dan daerah, serta monitoring dan evaluasi.

Selanjutnya, Gugus Tugas juga melakukan diskusi dengan pimpinan kementerian/lembaga terkait, pakar epidemiologi, kesehatan masyarakat, ekonomi kerakyatan, serta sosial-budaya dan keamanan.

Adapun dalam pembukaan sektor ekonomi, Gugus Tugas telah mempertimbangkan risiko penularan yang menggunakan indikator kesehatan masyarakat berbasis data, yakni epidemiologi, surveilans kesehatan masyarakat, dan pelayanan kesehatan.

Sementara itu, sembilan sektor yang ditetapkan untuk dibuka kembali meliputi; pertambangan, perminyakan, industri, konstruksi, perkebunan, pertanian dan peternakan, perikanan, logistik, dan transportasi barang.

Doni menjelaskan sembilan sektor itu dinilai memiliki risiko ancaman covid-19 yang rendah, tetapi menciptakan lapangan kerja yang luas dan mempunyai dampak ekonomi yang signifikan.

“Namun, jika dalam perkembangannya ditemukan kasus covid-19 dalam sektor tersebut, Gugus Tugas akan merekomendasikan kepada kementerian terkait untuk menutup kembali aktivitasnya,” katanya. (Ind/X-7)

Baca Juga

ANTARA/Kornelis Kaha

Tumpang Tindih Aturan Perpajakan harus Ditiadakan

👤Widhoroso 🕔Senin 13 Juli 2020, 00:57 WIB
Jangan sampai wajib pajak yang telah diberikan insentif justru memanfaatkan kemudahan ini untuk mengeruk keuntungan lebih banyak sehingga...
DOK pribadi

Pajak Merupakan Implementasi Riil Nilai Luhur Pancasila

👤Widhoroso 🕔Minggu 12 Juli 2020, 23:53 WIB
Negara harus menciptakan iklim yang kondusif agar warga negara yang memenuhi syarat untuk membayar pajak dapat melaksanakan kewajiban...
Ist/Bank BJB

Inisiatif Stimulus Kredit Bank BJB Dorong UMKM di Era New Normal

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 12 Juli 2020, 20:30 WIB
Dalam rangka mendorong UMKM agar tetap berdaya menghadapi situasi New Normal, Bank BJB memberikan dukungannya dengan memberikan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya