Sabtu 06 Juni 2020, 06:05 WIB

DIY Siapkan Beberapa Rencana Hadapi Tahun Ajaran Baru

Ardi Teristi | Nusantara
DIY Siapkan Beberapa Rencana Hadapi Tahun Ajaran Baru

MI/Fransisco Carollio
Ilustrasi

 

PEMERINTAH DIY telah memiliki beberapa rencana terkait proses pembelajaran tahun ajaran baru 2020/2021 yang akan mulai bergulir Juli mendatang. "SOP-nya telah kita siapkan," terang Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji, Jumat (5/6) di Komplek Kepatihan.

Menurut Baskara, pihaknya saat ini tinggal membahasnya dengan Gubernur DIY pekan depan untuk penetapan regulasinya. Yang pertama-tama akan dilakukan di masing-masing sekolah adalah pendataan peserta didik dan pengajar. Pembelajaran di kelas, lanjut dia, rencananya akan dibagi dalam dua gelombang, satu rombongan belajar dibagi menjadi dua gelombang.

Setiap gelombang akan menerima pembelajaran tatap muka selama 3,5 jam dan dilakukan secara bergantian. Misalnya, gelombang pertama belajar tatap muka selama 3,5 jam, kemudian istirahat sekitat 1 atau dua jam lalu dilanjutkan dengan tatap muka gelombang kedua selama 3,5 jam.

Dengan cara ini, guru bisa menerapkan jaga jarak saat proses belajar mengajar. "Intinya harus menerapkan jaga jarak, tempat cuci tangan, dan mengenakan masker," kata dia.

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) juga akan berubah sesuai dengan kondisi yang ada. Sekolah bisa membuat tambahan prosedur operasional standar, misalnya memakai penutup wajah, pakaian lengan panjang, ataupun mengenakan sarung tangan.

Selain itu, sekolah juga diperkenankan melakukan proses pembelajaran secara daring sesuai dengan kondisi masing-masing sekolah. "Kita lihat nanti kondisi DIY sampai tanggal 13 juli (awal ajaran baru)  seperti apa?" pungkas dia. (R-1)

 

Baca Juga

MI/Dwi Apriani

Pemprov Sumsel Kembali Gandeng Mahasiswa Tangani Karhutla

👤Dwi Apriani 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 10:49 WIB
Sejak tahun lalu, saat ada ratusan mahasiswa yang turun ke lapangan untuk bantu memberikan sosialisasi kepada masyarakat di Sumsel serta...
MI/Dwi Apriani

Kampung Tangkal Covid-19 di Musi Banyuasin Diperbanyak

👤Dwi Apriani 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 10:30 WIB
Pemkab Musi Banyuasin memperbanyak Kampung Tangkal Covid-19 untuk memutus mata rantai covid-19 dan membantu ketahanan pangan...
MI/Muhammad Zen

Laris Manis, Layanan Klaim Jaminan Daring BP Jamsostek

👤Dwi Apriani 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 10:05 WIB
Terdapat 33.941 antrean online untuk di Lapak Asik BP Jamsostek Sumbagsel selama periode 23 Maret sampai dengan 30 Juni...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya