Sabtu 06 Juni 2020, 05:30 WIB

Kemenag Kota Tasikmalaya Sosialisasikan Pembatalan Haji

Kristiadi | Humaniora
Kemenag Kota Tasikmalaya Sosialisasikan Pembatalan Haji

Thinkstock
Ilustrasi

 

KANTOR Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tasikmalaya, Jawa Barat mulai melakukan sosialisasi terkait pembatalan pemberangkatan calon jemaah haji 2020. Penyampaian tersebut dilakukan langsung oleh kantor bimbingan ibadah haji (KBIH) dan perwakilan para calon jamaah haji (calhaj).

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Kantor Kemenag Kota Tasikmalaya, Wahyu mengatakan sosialisasi tersebut akan disampaikan kepada KBIH dan perwakilan untuk menyampaikan keputusan yang telah diambil pemerintah berkaitan dengan ibadah haji 1441 Hijriah ditunda keberangkatannya kepada 644 orang.

"KBIH pada umumnya telah menerimanya dan kami juga perintahkan supaya melakukan sosialisasi kepada para calon jamaah. Karena, dalam menyampaikan tentang pembatalan itu para calhaj akan diberikan hak seperti halnya buku panduan manasik tetapi untuk paspor sendiri dikembalikan agar ketika mereka akan keluar negeri adanya kesempatan terutama melakukannya," katanya, Jumat (5/6).

Wahyu mengatakan, keputusan pembatalan pemberangkatan haji tahun ini bersifat final. Ia menilai, waktu yang ada sekarang ini untuk persiapan sangat sempit.

"Pembatalan juga bukan hanya untuk jamaah reguler, tetapi undangan maupun yang lainnya sama sekali tidak ada yang berangkat. Batalnya berangkat ke Tanah Suci tersebut sudah ada berbagai pertimbangan pemerintah utamanya adalah masalah keselamatan dan keamanan jamaah di tengah pandemi Covid-19," ujarnya.

Lebih jauh, Wahyu meminta calon jemaah tidak khawatir dengan pembatalan ini. "Calhaj yang melunasi biaya ibadah tahun ini dipastikannya akan berangkat 2021. Mereka juga akan mendapat nilai manfaat dari biaya pelunasan pada 2021. Pembatalan yang dilakukan demi keselamatan jamaah selama pandemi Covid-19," paparnya. (R-1)

Baca Juga

MI/Permana

Pevita Pearce Pengalaman Pertama

👤Fathurrozak 🕔Selasa 07 Juli 2020, 04:10 WIB
AKTRIS Pevita Pearce, 27, berperan menjadi tokoh dalam cerita pendek karya Dee Lestari berjudul Mencari...
ANTARA

Setoran Haji Capai Rp2,3 Triliun

👤MI 🕔Selasa 07 Juli 2020, 03:45 WIB
SETORAN dana pelunasan calon jemaah haji yang gagal berangkat tahun ini karena pandemi covid-19 jumlahnya mencapai sekitar Rp2,3...
ANTARA

UTBK 2020 Diterpa Isu Kebocoran Soal

👤Syarief Oebaidillah 🕔Selasa 07 Juli 2020, 03:15 WIB
MEMASUKI hari kedua pelaksanaan ujian tulis berbasis komputer (UTBK) seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya