Sabtu 06 Juni 2020, 04:30 WIB

Puncak Pandemi Covid-19 di Kalsel Diperkirakan Juli

Denny Susanto | Nusantara
Puncak Pandemi Covid-19 di Kalsel Diperkirakan Juli

DOK MI
Ilustrasi

 

PENYEBARAN Covid-19 di Kalimantan Selatan diperkirakan akan terus terjadi dan mencapai puncaknya pada Juli mendatang. Terkuaknya angka kasus positif virus korona di Kalsel yang cukup tinggi merupakan hasil kerja tim gugus tugas yang melakukan penelusuran (tracking dan tracing) secara masif di seluruh wilayah Kalsel.

Hal ini ditegaskan Ketua Harian Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Korona Kalsel, Abdul Haris Makkie, Jumat (5/6), seusai memimpin rapat koordinasi dan evaluasi penanganan covid -19 di Kalsel. "Tingginya peningkatan jumlah kasus positif virus korona di Kalsel ini tidak lepas dari masifnya kegiatan penelusuran terduga covid di lapangan oleh petugas," tegas Haris Makkie.

Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Korona Kalsel telah membuat skenario menyelesaikan penelusuran warga terduga terpapar virus korona di 13 kabupaten/kota hingga Juli mendatang. Dengan demikian diperkirakan puncak pandemi atau lonjakan penambahan kasus positif virus korona akan berlangsung hingga Juli mendatang. Selanjutnya pada Agustus akan dilakukan penanganan kasus positif atau penderita covid.

"Skenario kita pada Agustus pandemi virus korona sudah dapat dikendalikan. Namun ini semua sangat tergantung dari dukungan masyarakat. Jika masyarakat abai maka bukan tidak mungkin penyebaran virus korona tidak akan dapat ditangani," tutur Haris.

Lebih jauh, dikatakan Haris Makkie dalam rangka percepatan penanganan pandemi virus korona tersebut pihaknya juga berencana menambah berbagai peralatan kesehatan dan penanganan virus korona baik dengan cara membeli maupun meminta bantuan kepada BNPB seperti PCR mobile.
Hingga Jumat (5/6) jumlah kasus positif virus korona di Kalsel mencapai 1.142 kasus. Kalsel menjadi daerah tertinggi peningkatan kasus positif virus korona di Indonesia atau bertambah 109 kasus dari hari sebelumnya. (R-1)

 

Baca Juga

ANTARA/Bayu Pratama S

70% Kasus Positif Korona di Kalsel Terjadi di Lima Kabupaten/Kota

👤Denny S 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 23:10 WIB
Total kasus positif virus korona dari lima daerah dari 13 kabupaten/kota di Kalsel ini mencapai lebih 70 persen total kasus yang...
ANTARA/Abriawan Abhe

Disiplin Warga Sulsel Terapkan Protokol Kesehatan masih Rendah

👤Lina Herlina 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 23:10 WIB
Kunci mengatasi pandemi covid-19 adalah peran aktif masyarakat menerapkan protokol kesehatan. "Edukasi perlu dimassifkan," tukas...
ANTARA/ARDIANSYAH

Pancaroba, Warga Sumut Diimbau Waspadai DBD

👤Yoseph Pencawan 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 20:35 WIB
 Jika covid-19 dan DBD menjangkiti seseorang secara bersamaan, akibatnya bisa sangat...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya