Sabtu 06 Juni 2020, 02:05 WIB

Kawasan Wisata di Bantul Belum akan Segera Dibuka

Agus Utantoro | Nusantara
Kawasan Wisata di Bantul Belum akan Segera Dibuka

ANTARA/Hendra Nurdiyansyah
Area wisata kebun bunga di kawasan Parangkusumo, Bantul, DI Yogyakarta, Jumat (29/5).

 

DINAS PARIWISATA Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, tidak tergesa-gesa membuka objek wisata untuk kunjungan. Hingga kini, masih menunggu kesiapan para pelaku pariwisata untuk konsisten menerapkan protokol kesehatan.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Kwintarto Heru Prabowo, mengatakan pembukaan objek wisata pada saat terjadinya wabah seperti sekarang ini, berisiko menjadi titik penularan. Karena itu pihaknya masih perlu penyiapan sejumlah penyiapan sarana dan prasarana serta edukasi kepada para pelaku usaha pariwisata agar selalu menerapkan protokol kesehatan sebagaimana yang telah ditetapkan.

"Semua objek wisata yang dikelola pemerintah maupun masyarakat hingga saat ini memang masih ditutup sementara menyusul adanya perpanjangan status tanggap darurat bencana COVID-19 oleh pemerintah daerah hingga 30 Juni, sebagai antisipasi penyebaran virus Corona," katanya, Jumat (5/6).

Untuk pembukaan objek wisata, katanya, Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul telah mempersiapkan SOP yang harus dipatuhi para pelaku pariwisata atau pihak-pihak yang terlibat di sektor wisata, misal penyemprotan disinfektan setiap hari di tempat pemungutan retribusi dan warung sekitar objek wisata.

"Kami tidak menginginkan pariwisata menjadi klaster baru, karena bisa jadi wisatawan yang datang itu ke objek a, kemudian ke objek b dan sebagainya, dan untuk melacak ketemu dengan siapa saja tidak mudah, ini satu tahapan yang harus kita siapkan," katanya.

Ia mengingatkan, jika para pengelola wisata dan pelaku pariwisata sudah siap membuka objek wisata, pun tetap harus mengikuti tahapan-tahapan yang harus dilalui sebelum membuka penuh. Antara lain,  mengajukan ke Gugus Tugas Penanganan COVID-19 mengenai kelayakan sarana prasarana atau kondisi perkembangan kasus. (R-1)

Baca Juga

DOK MI

Protokol Kesehatan Diabaikan, Positif Covid-19 Terus Bertambah

👤Dwi Apriani 🕔Senin 13 Juli 2020, 00:40 WIB
Bertambahnya kasus positif covid-19 salah satu penyebabnya adalah karena masyarakat Sumsel sudah mulai tidak disiplin dalam menerapkan...
ANTARA/Septianda Perdana

MPLS di Sejumlah Wilayah di Jateng Dilaksanakan Secara Daring

👤Lilik Darmawan 🕔Senin 13 Juli 2020, 00:30 WIB
Masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) dilakukan secara daring karena sampai sekarang kasus Covid-19 masih tetap...
Antara

Cariu Bogor Kembali jadi Zona Hijau

👤Antara 🕔Senin 13 Juli 2020, 00:21 WIB
GTPP covid-19 Kabupaten Bogor mencatat, hingga Minggu (12/7), ada tiga kecamatan berstatus zona hijau, dua lainnya yaitu Kecamatan Tenjo...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya