Sabtu 06 Juni 2020, 04:30 WIB

Ridwan Kamil Hikmah Kejadian di Amerika

MI | Humaniora
Ridwan Kamil Hikmah Kejadian di Amerika

ANTARA
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil

 

GEGER global akibat diskriminasi rasial di Amerika Serikat mendapat perhatian dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, 48. Melalui unggahan di akun Instagram-nya, Ridwan menuliskan sebuah refl eksi. ‘Dahulu, saya berpikir seiring bergeraknya waktu, seiring dengan semakin modernnya hidup ini, maka dunia semakin aman, damai, dan beradab.

Ternyata realitanya tidaklah selalu demikian seperti logika linier saya terdahulu,’ tulis pria yang akrab disapa Kang Emil, Rabu (3/6). Kang Emil juga menyinggung beberapa kejadian besar yang menginterupsi masyarakat Indonesia. “Di era modern ini, kita menyaksikan, dunia diinterupsi oleh ISIS, oleh covid, oleh kebencian rasisme, dan kebencian lainnya dari mereka yang tidak bisa hidup berdamai dengan perbedaan,” ungkap lulusan University of California tersebut.

“Warna kulit kita adalah takdir dari Yang Maha Pencipta. Etnisitas berbeda juga adalah takdir setiap kita. Perbedaan kemanusiaan itu rahmat Tuhan yang menjadi kekuatan luar biasa,” imbuhnya.

Ia pun berharap agar masyarakat Indonesia dapat mengambil hikmah dari pristiwa diskriminasi rasial yang terjadi di Amerika dengan tetap memegang teguh nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. (Gus/H-3)
 

Baca Juga

Antara/Didik Suhartono

One Gate Sistem Mampu Kendalikan Overload Pasien RS Rujukan

👤Ferdian Ananda 🕔Senin 06 Juli 2020, 14:20 WIB
Otoritas setempat telah berbenah dengan memberlakukan one gate system untuk rumah sakit rujukan...
Antara

Indonesia Berkomitmen Turunkan Emisi Gas Rumah Kaca

👤Andhika Prasetyo 🕔Senin 06 Juli 2020, 14:04 WIB
Indonesia memiliki komitmen untuk menurunkan GRK sebanyak 26% pada 2020 dan meningkat 29% di 2030. Oleh karena itu, berbagai program...
ANTARA/Indrianto Eko Suwarso

Iluni UI: UI Watch bukan Sikap Resmi Kami

👤 Indriyani Astuti 🕔Senin 06 Juli 2020, 08:12 WIB
Dari sisi organisasi, tujuan, maupun kegiatan, UI Watch tidak terkait secara struktur dan bukanlah sikap resmi dari Iluni...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya