Sabtu 06 Juni 2020, 02:35 WIB

Fiji Umumkan Negaranya Bebas Covid-19

Fiji Umumkan Negaranya Bebas Covid-19

fijivillage.com

 

FIJI mengumumkan bahwa negara kepulauan itu kini bebas virus korona baru (covid-19) setelah pasien terakhir di negara tersebut sembuh. Sebelumnya, ada kekhawatiran di antara penduduk Fiji yang berjumlah 930.000 orang ketika kasus pertama covid-19 diumumkan Maret.

Namun, adanya langkahlangkah isolasi yang ketat dan kontrol terhadap perbatasan mencegah penyebaran infeksi. Jumlah kasus infeksi yang dikonfirmasi Fiji sebanyak 18 kasus. Perdana Menteri Frank Bainimarama mengaitkan status bebas virus di negara itu dengan doa yang dijawab, kerja keras, dan penegasan sains. “Fiji baru saja bersih dari pasien covid-19 aktif terakhir kami,” cuitnya melalui akun Twitter.

“Dengan jumlah pengujian kami yang naik dari hari ke hari, sekarang sudah 45 hari sejak kami mencatat kasus terakhir kami. Tanpa kematian, tingkat pemulihan kami ialah 100%,” tuturnya.

Pada awalnya, Kepulauan Pasifik dipandang sebagai salah satu yang paling rentan terhadap virus di dunia. Pasalnya, infrastruktur kesehatan Fiji masih kekurangan sumber daya dan tingginya tingkat kondisi kesehatan seperti diabetes dan penyakit jantung.

Ada juga kekhawatiran isolasi geografis yang bisa mengubah pulau-pulau itu menjadi inkubator infeksi, seperti ketika wabah campak di Samoa akhir tahun lalu
menewaskan 83 orang.

Namun, negara-negara di kawasan itu bertindak cepat dan membuat keputusan untuk menutup perbatasan dan pariwisata yang menopang ekonomi mereka untuk melindungi populasi mereka. Hasilnya, banyak yang belum mencatat satu pun kasus virus, termasuk Palau, Tonga, Kepulauan Solomon, Samoa, Kepulauan Marshall, Vanuatu, Kepulauan Cook, dan Mikronesia.

Kepulauan Cook, yang merupakan salah satu negara pertama di dunia yang menyatakan dirinya bebas virus pada pertengahan April, dilaporkan mengumumkan langkah-langkah untuk membuka kembali perbatasannya.

PM Cook, Henry Puna, mengatakan warga dan mereka yang memiliki izin kerja yang telah berada di Selandia Baru selama 30 hari diizinkan pulang tanpa harus dikarantina, seperti dikutip dari Cook Islands News.

Vietnam juga melaporkan tidak memiliki kasus covid-19 pada Jumat (5/6) pagi. Menurut Komite Pengarah Nasional untuk Pencegahan dan Pengendalian Covid-19, itu menandai Vietnam melewati 50 hari berturut-turut tanpa infeksi baru di masyarakat.

Di antara total 328 kasus, seperti dilaporkan kantor berita Vietnam News Agency (VNA), 188 ialah kasus yang diimpor dan telah dikarantina pada saat kedatangan. Saat ini 8.143 orang yang memiliki kontak dekat atau memasuki daerah yang terkena pandemi dikarantina di rumah sakit, tempat karantina yang terkonsentrasi dan rumah. (AFP/Bernama/Nur/I-1)

Baca Juga

AFP/MAURO PIMENTEL

Jumlah Korban Tewas di Brasil Akibat Covid-19 Lewati 70 Ribu

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 11:21 WIB
Kementerian kesehatan Brasil melaporkan ada 45 ribu kasus infeksi baru dan 1.200 kematian dalam tempo 24...
AFP/Olivier DOULIERY

Bocor, Memo Amazon Minta Karyawannya Hapus TikTok

👤Indrastuti 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 11:05 WIB
Masalah keamanan diduga menjadi pemicu munculnya memo yang disebut sebagai 'salah kirim'...
AFP/Oliver BUNIC

Demonstrasi Antipemerintah di Serbia Masuki Hari Keempat

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 11:00 WIB
Para demonstran mengungkapkan kekecewaan mereka kepada Vucic yang dianggap bertanggung jawab atas gelombang kedua...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya