Sabtu 06 Juni 2020, 02:05 WIB

Selebritas dan Politisi Hadiri Upacara Peringatan Kematian Floyd

Selebritas dan Politisi Hadiri Upacara Peringatan Kematian Floyd

AFP

 

RATUSAN orang, Kamis (4/6), mengikuti upacara peringatan atas kematian warga kulit hitam George Floyd di tangan petugas polisi. Mulai selebritas Hollywood, musisi, hingga politisi hadir dalam upacara peringatan yang digelar di North Central University, Minneapolis.

Mereka, antara lain, Pendeta Jesse Jackson, Gubernur Minnesota Tim Walz, Wali Kota Minneapolis Jacob Frey, Senator Minnesota Amy Klobuchar dan anggota Kongres, seperti Ilhan Omar, Sheila Jackson-Lee, dan Ayana Pressley. Sementara itu, selebritas yang hadir ialah TI, Ludacris, Tyrese Gibson, Kevin Hart, Tiffany Haddish, dan Marsai Martin.

Dalam kesempatan itu, pemimpin hak-hak sipil Al Sharpton bersumpah bahwa protes massa yang dipicu oleh kematian George akan berlanjut hingga seluruh sistemperadilan diubah.

“Engkau mengubah dunia, George. Kami akan terus berjuang George,” kata Sharpton, seperti dikutip dari AFP.

“Kami akan terus berjalan sampai kami mengubah seluruh sistem peradilan,” tambahnya.


Keadilan bagi Floyd

Tak hanya itu, pengacara Floyd, Benjamin Crump, pun menekankan bahwa ia akan menemukan keadilan bagi Floyd yang meninggal saat ditangkap pada 25 Mei karena seorang petugas polisi kulit putih berlutut di lehernya selama hampir sembilan menit.

“Bukan pandemi virus korona yang membunuh George Floyd. Itu ialah pandemi lain. Pandemi rasisme dan diskriminasi,” kata Benjamin Crump, yang mewakili keluarga Floyd.

Orang-orang yang hadir di Minneapolis itu berdiri diam selama 8 menit dan 46 detik, waktu yang sama yang dihabiskan oleh petugas polisi yang berlutut di leher Floyd, Derek Chauvin. Kepala Polisi Minneapolis Medaria Arradondo berlutut ketika mobil jenazah yang membawa jenazah Floyd tiba untuk upacara peringatan tersebut.

“Semua orang ini datang untuk melihat saudaraku,” kata Philones Floyd kepada ratusan orang yang datang dalam upacara peringatan itu, seperti dikutip dari France24. “Itu luar biasa bagi saya bahwa dia menyentuh hati banyak orang karena dia menyentuh hati kita,” ucapnya.

Peti mati Floyd diapit oleh bunga-bunga berwarna putih dan ungu. Tempat upacara peringatan kematian Floyd itu yang biasanya menampung hingga 1.000 orang, kapasitasnya kini berkurang menjadi sekitar 500 akibat wabah virus korona. Pelayat yang datang pun mengenakan masker.

Seperti dikutip dari BBC, penghormatan lebih lanjut bagi Floyd akan diadakan di tempat kelahiran Floyd di North Carolina pada Sabtu dan di kota asalnya, di Houston, pada Senin. (AFP/France24/BBC/Nur/I-1)

Baca Juga

AFP/Fabrice COFFRINI

AS Dukung WHO Cari Sumber Covid-19 di Tiongkok

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 10:37 WIB
Pada Jumat (10/7) pagi, seorang pakar epidemiologi dan kedokteran hewan dari WHO bertolak ke Tiongkok untuk mencari dan mengidentifikasi...
AFP/Ozan KOSE

UNESCO Tinjau Alih Fungsi Hagia Sophia

👤Antara 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 09:49 WIB
Tiap negara perlu memberi tahu UNESCO jika membuat perubahan status pada bangunan situs warisan...
AFP/CHARLY TRIBALLEAU

Cuaca Ekstrem, Sektor Pertanian Jepang Rugi 110 Juta Dolar AS

👤Indrastuti 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 09:45 WIB
Total kerugian industri akibat banjir dan tanah longsor diperkirakan melebihi 11,7 miliar yen atau sekitar 110 juta dolar...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya