Jumat 05 Juni 2020, 21:34 WIB

Konsistensi Seorang Ibu di NTT, Tolak Lahan untuk Pabrik Semen

Yohanes Manase | Nusantara
Konsistensi Seorang Ibu di NTT, Tolak Lahan untuk Pabrik Semen

MI/Yohanes Manase
Karolina Hinam

 

IBU rumah tangga di Kampung Luwuk, Desa Satar Punda, Kecamatan Lambaleda, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), Karolina Hinam, menegaskan tidak akan menjual lahan untuk proyek pabrik semen.

"Saya tidak akan kasih ladang dan sawah peninggalan suami saya kepada perusahaan," kata Karolina, 56, dalam pertemuan dengan rombongan DPRD Matim di Luwuk, Kamis (4/6).

Baca juga: Diaspora Manggarai Tolak Pembangunan Pabrik Semen

Rombongan DPRD Manggarai Timur yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Bernadus Nue mendatangi Luwuk untuk berdialog terkait pro-kontra pembangunan pabrik semen dan tambang batu gamping.

Baca juga: Uskup Ruteng Tolak Rencana Pabrik Semen di Manggarai Timur

Karolina konsisten menolak kehadiran perusahaan. Sikap yang yang sama ia utarakan ketika bertemu dengan wartawan pada 17 April. "Manusia saja yang ada anak. Tanah tidak. Tanah kami ini adalah warisan nenek moyang kami," tandasnya.

Baca juga: Bupati Manggarai Timur Apresiasi Petisi Tolak Pabrik Semen

Menurut Karolina, dari tanah yang dimilikinya itulah dia berhasil menyekolahkan anak-anaknya. Jika tanah diberikan kepada pabrik dan tambang, kata Karolina, dari mana sumber penghasilan ke depan?

Karolina meneguhkan moralitas rakyat penolak tambang. Visi seorang Karolina menatap jauh, sangat jauh, ke depan. "Kehadiran perusahaan pabrik akan merusak lingkungan dan lahan sawah kami. Bahkan sumber mata air akan hilang," ujar Karolina.

Baca juga: Mahasiswa Manggarai Raya Kupang Tolak Pabrik Semen di Matim

Orangtua tunggal tujuh anak itu penuh keyakinan sesuai makna namanya. Karolina itu pekerja keras. Ia konsisten menolak pabrik semen dan tambang untuk memuliakan para leluhur yang mewariskan tanah yang kini digarapnya. (X-15)
 

Baca Juga

DOK MI

Protokol Kesehatan Diabaikan, Positif Covid-19 Terus Bertambah

👤Dwi Apriani 🕔Senin 13 Juli 2020, 00:40 WIB
Bertambahnya kasus positif covid-19 salah satu penyebabnya adalah karena masyarakat Sumsel sudah mulai tidak disiplin dalam menerapkan...
ANTARA/Septianda Perdana

MPLS di Sejumlah Wilayah di Jateng Dilaksanakan Secara Daring

👤Lilik Darmawan 🕔Senin 13 Juli 2020, 00:30 WIB
Masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) dilakukan secara daring karena sampai sekarang kasus Covid-19 masih tetap...
Antara

Cariu Bogor Kembali jadi Zona Hijau

👤Antara 🕔Senin 13 Juli 2020, 00:21 WIB
GTPP covid-19 Kabupaten Bogor mencatat, hingga Minggu (12/7), ada tiga kecamatan berstatus zona hijau, dua lainnya yaitu Kecamatan Tenjo...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya