Jumat 05 Juni 2020, 19:52 WIB

Dua Prajurit ini Pakai THR untuk Bagikan Sembako ke Warga Nelayan

Putri Rosmalia Octaviyani | Humaniora
Dua Prajurit ini Pakai THR untuk Bagikan Sembako ke Warga Nelayan

MI/M Irfan
Anggota TNI AL Serka MES Mohammad Sangidun dan Kopda BAH Damianus Luka Hera di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (5/6).

 

DUA prajurit TNI AL memilih menggunakan tunjangan hari raya (THR) untuk bisa berbagi kepada masyarakat nelayan di Larantuka, Pantai Timur Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Mereka ialah Serka MES Mohammad Sangidun dan Kopda BAH Damianus Luka Hera. Kedua prajurit itu bertugas di Pos Pengamat TNI Angkatan Laut di Larantuka Flores Timur

THR yang mereka terima dari Kepala Staf TNI AL dan Komandan Lantamal VII malah mereka gunakan untuk membagikan paket sembako dan dibagikan kepada masyarakat terdampak virus korona atau covid-19.

Baca juga: Rapid Test 164.139 Orang di Jakarta, 6 Ribu Reaktif

"Melihat pandemi covid-19 memukul masyarakat dan membuat kehidupan rakyat menjadi sulit, keduanya tergerak untuk membantu," kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto saat mendampingi dua prajurit itu saat mendapatkan penghargaan dari Ketua MPR Bambang Soesatyo di Gedung MPR, Jumat (5/6).

Di tengah pandemi covid-19 yang melanda wilayah Indonesia, kata Panglima TNI, beberapa prajurit TNI yang turut membantu masyarakat yang terkena dampak.

Baca juga: Jubir Presiden Fadjroel Rachman Jadi Komisaris di Waskita Karya

Seperti, Babinsa Kodim 0906/Tenggarong Serda Nurdin dan Serda Giono membuat boks sterilisasi uang yang terinspirasi dari pengetahuan terhadap karakteristik virus dan kebutuhan masyarakat untuk tidak tertular covid-19 dari uang, dompet, ataupun anak kunci.

Lalu, Babinsa di Gorontalo Koptu Ishak Nur yang bertanggung jawab atas 10 desa, berinisiatif menggunakan rapel tunjangan Babinsa selama 3 bulan untuk menyediakan takjil dan dibagikan ke 5 desa terpencil di wilayahnya. Setiap hari selama Ramadan, Ishak membagikan 100 takjil menggunakan sepeda motor dinasnya yang telah dimodifikasi.

Di Yogyakarta, Kapten Cpl Muhammad Dulhadi dari Denpal Kodam IV Diponegoro, menciptakan alat cuci tangan tanpa sentuh menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitarnya.

Baca juga: Luhut Ungkap Bank Dunia Puji Ekonomi Indonesia Hadapi Covid-19

Ketua MPR Bambang Soesatyo atau yang biasa disapa Bamsoet mengapresiasi keteladanan para prajurit di tengah masa sulit. Para prajurit, sambung dia, tidak hanya sekadar kata tapi juga mengamalkan langsung nilai-nilai Pancasila.

“Hal itu yang melandasi kami MPR untuk memberikan penghargaan dan kami harap akan diikuti oleh kesatuan lainnya," ujar Bamsoet.

Bambang juga mengapresiasi Panglima TNI karena telah sukses membina anggotanya yang tidak hanya sebagai prajurit yang siap membela negara, tetapi juga prajurit yang memiliki kepedulian penuh pada masyarakat.

“Harapan kita, TNI akan semakin banyak melahirkan personel yang manusiawi, friendly, peduli pada masyarakat seperti yang ditunjukkan oleh keduanya," ujar Bambang. (X-15)

Baca Juga

MI/Permana

Pevita Pearce Pengalaman Pertama

👤Fathurrozak 🕔Selasa 07 Juli 2020, 04:10 WIB
AKTRIS Pevita Pearce, 27, berperan menjadi tokoh dalam cerita pendek karya Dee Lestari berjudul Mencari...
ANTARA

Setoran Haji Capai Rp2,3 Triliun

👤MI 🕔Selasa 07 Juli 2020, 03:45 WIB
SETORAN dana pelunasan calon jemaah haji yang gagal berangkat tahun ini karena pandemi covid-19 jumlahnya mencapai sekitar Rp2,3...
ANTARA

UTBK 2020 Diterpa Isu Kebocoran Soal

👤Syarief Oebaidillah 🕔Selasa 07 Juli 2020, 03:15 WIB
MEMASUKI hari kedua pelaksanaan ujian tulis berbasis komputer (UTBK) seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya